In Inspirasi,Peluang Usaha,Saran Ahli,Tips & Trick,Tips Bisnis

Bagaimana Membagi Tugas Tenaga Penjualan ?

Teguh Hydro2

Teguh Wibawanto
Direktur Kerjasama Eksternal TDA

Dalam dunia bisnis tenaga penjualan adalah ujung tombak dalam mencetak uang atau dalam menghasilkan arus kas. Seberapa kuatnya program marketing, pada akhirnya tenaga penjualan di lapangan lah yang akan mengkonversi orang yang tertarik menjadi pembeli yang sebenarnya.

Apabila perusahaan makin berkembang dari sisi produk, layanan dan luasnya pasar, maka diperlukan pembagian tugas dari masing-masing tenaga penjualan agar dihasilkan dampak sinergi dan memaksimalkan potensi sumber daya penjualan yang ada.

Berikut adalah pembagian tugas berdasarkan karakteristik tugasnya :

1. Generalist
Seorang sales generalist adalah yang ditugaskan untuk bisa menjual semua produk dan ke semua wilayah pemasaran. Biasanya struktur ini dipegang oleh kantor pusat atau para manager yang sekaligus berfungsi sebagai pelatih bagi sales yang dipimpinnya.

2. Product Specialist
Adalah sales yang hanya menjual satu atau grup produk ke semua wilayah pemasaran. Biasanya produk-produk yang berteknologi tinggi dan harga jualnya tinggi memerlukan kekhususan dalam produk tersebut.

3. Market Specialist
Adalah sales yang menjual semua produk, namun dibatasi oleh cakupan pembagian wilayah. Biasanya produk yang seperti ini tidak terlalu memerlukan pengetahuan khusus hanya pembagian wilayah ini berfungsi untuk lebih dekat kepada pelanggan.

4. Activity Specialist
Adalah pembagian tugas sales berdasarkan aktivitas, misal ada yang khusus mencari pelanggan baru (hunter) atau merawat pelanggan lama (farmer).

5. Mix
Kalo yang ini merupakan campuran, jad bisa pembagian wilayah sekaligus produknya spesifik atau specialist mencari pelanggan baru untuk produk tertentu.

Dengan membagi peta tugas menjadi lebih fokus ke potensi yang akan tumbuh, maka tingkat keberhasilan eksekusi akan semakin besar. ada ungkapan : “jika  ada satu Rajawali menerkam dua ekor kelinci sekaligus, kemungkinan akan luput keduanya.”

Jadi kalau seorang tenaga penjualan saja harus fokus, apalagi bosnya, masa mau jadi Superman terus.

Teguh Wibawanto
Direktur Kerjasama Eksternal TDA
www.hydro.co.id