In Kolom Opini

Be Yourself

be yourselfTahun 2009, saya membantu penerbitan buku dari bu Jackie Ambadar ‘Siapa Takut Jadi Pengusaha’. Sebuah acara dirancang untuk peluncuran buku tersebut di hotel Sahid Jaya Jakarta. Salah satu pembicara yang diharapkan hadir adalah oom Bob Sadino.

Nggak sulit mengundang oom. Bu Jackie menelepon oom secara langsung dan confirm. Sehari sebelum acara, saya mengingatkan via SMS. Seperti biasa, oom menjawab secara langsung dengan menelepon. Beliau minta saya untuk berangkat bersama dari Lebak Bulus.
Seperti biasa di seminar beliau, oom hanya melakukan presentasi sekitar 10 – 15 menit, berisi sedikit paparan tentang bagaimana beliau memulai usaha. Dan selanjutnya, beliau memberi kesempatan kepada para peserta untuk bertanya. Diskusi berlangsung hangat. Tanya jawab silih berganti. Seperti biasa juga, beberapa kali muncul kata GOBLOK di sela-sela jawaban oom.
Di akhir acara, peluncuran buku dilaksanakan, dan dilanjutkan dengan makan siang. Saat itu, oom pamit pulang. Oom memang kurang berselera dengan makanan catering kardusan. ‘Kita ke Pondok Indah ya, Ran,’ itu instruksi oom kepada pak Poniran, pengemudi yang setia mengantar oom kemana-mana. Pasti Bakmi Gajah Mada di Pondok Indah Mal 1.
Baru saja mobil mau bergerak, ada seorang anak muda setengah berlari menuju mobil yang kami tumpangi. Pakaian yang dikenakannya, ahaaaaa, mirip dengan apa yang dikenakan oom. Jeans buntung belel dipadu dengan hem berlengan tak berjahit. Rupanya anak muda ini mau minta tanda tangan oom.
‘Stop, Ran,’ perintah oom. Saya menunggu apa yang akan terjadi selanjutnya terhadap Bob KW ini.
Anak muda ini berlari menuju sisi kanan mobil, tempat oom duduk. Oom membuka pintu mobil dan menyambut uluran tangannya. Oom menanda-tangani buku ‘Siapa Takut Jadi Pengusaha’, lalu berpesan pada si anak muda.
‘Jangan habiskan hidupmu untuk meniru orang lain. Jadilah dirimu sendiri. Be yourself,’ kata oom.
Oom masuk kembali ke dalam mobil dan duduk di kursi.
‘Jalan, Ran,’ perintah oom.
Zainal Abidin
Rektor Institut Kemandirian Dompet Dhuafa
Direktur Social Entrepreneur Academy
HeadMaster SekolahMonyet.com
kolom/member/juni2015