Sebarkan berita baik ini

Menjadi ibu rumah tangga dan mengurus bisnis juga akan menjadi hal yang ribet sekali. Namun, dengan time management yang baik semua hal tersebut dapat di lakukan. Manajemen waktu adalah cara yang dapat kita lakukan untuk menyeimbangkan waktu kita untuk kegiatan belajar atau bekerja, bersenang -enang, dan beristirahat dengan efektif. Kita diberikan waktu oleh Tuhan sama yaitu 24 jam. Namun, ada beberapa orang yang sukses membagi waktunya ada beberapa yang tidak sukses dalam membagi waktunya. Tujuan utama membagi waktu adalah untuk dapat melakukan berbagai hal dengan efektif dan efisien. permasalahan emak-emak adalah sebenarnya tidak suka untuk di target namun mereka sendiri yang menarget kan dirinya. Oleh karena itu perlu untuk di atur dengan efisien.

Tips mengatur waktu adalah mengatur prioritas. Biasakan untuk menulis hal-hal tersebut karena terkadang kita lupa jika hanya mengandalkan ingatan. Sebagai emak-emak kita di harapkan untuk sukses dalam berbagai hal seperti mengatur keluarga dan mengatur pekerjaan dan bisnis maka dari itu buatlah daftar list hal-hal apa yang harus di lakukan terlebih dahulu dan apa yang harus di selesaikan pada jenjang waktu tertentu. Berikutnya adalah dengan disiplin waktu dengan berkomitmen dengan pekerjaan yang harus di lakukan pada jam dan waktu tertentu. Jangan hanya mencari alasan untuk tidak melakukan hal-hal tersebut. Berikutnya adalah fokus dengan apa yang di lakukan seperti contoh kita berniat berjualan lewat Facebook namun fokus kita terdistraksi dengan berbagai hal hal lain seperti lihat Facebook teman, liat postingan yang tidak penting jadi dengan hal-hal lain tersebut menjadi menunda pekerjaan yang harusnya kita lakukan. Selanjutnya adalah mengatur waktu dengan baik dan benar karena kita sebagai ibu tidak hanya pekerjaan sebagai prioritas namun kita mempunyai kewajiban dengan suami dan anak, oleh karena itu harus cerdas cerdas dalam hal mengatur waktu dengan keluarga dan bisnis.

Tulis dengan detail hal-hal apa yang di lakukan setiap hari. Dari situ kita bisa tahu apakah ada waktu luang yang bisa kita gunakan dan manfaatkan waktu luang itu untuk kesenangan diri kita sendiri. Komunikasikan jadwal harian dengan keluarga agar keluarga tahu apa yang kalian lakukan dan dapat mengapresiasi dan menghargai waktu tersebut. Hal yang peting adalah waktu waktu yang kita tulis dan sudah tertata tersebut harus bisa flexible. Jadi jangan terlalu kaku dengan apa yang di lakukan. Jika ada hal yang urgent untuk di lakukan jangan di paksakan waktu untuk bersenang-senang.

Manajemen waktu butuh jam terbang yang tinggi dan disiplin yang tinggi karena hal tersebut butuh komitmen tinggi dan tidak bisa di lakukan jika hanya setengah hati dan perasaan untuk menggampangkan hal tersebut. Namun jika kita sudah bisa untuk mendisiplinkan waktu kita hal-hal yang kita lakukan multi tasking yang kita lakukan akan berjalan dengan lancar. Kita harus melakukan evaluasi mengenai manajemen waktu jadi tidak bisa di lakukan dalam sekali jalan harus ada proses yang panjang untuk bisa sukses dalam manajemen waktu. Dengan melakukan evaluasi kita dapat mengetahui apa hal-hal yang kita kurang dan hal seperti apa yang kita bisa benahi untuk mencapai hal tersebut.

Dalam membuat manajemen waktu hal terpenting yang perlu di perhatikan adalah mengikut sertakan suami  dan anak dalam berdiskusi karena hal hal yang kalian lakukan akan berdampak secara langsung maupun tidak langsung terhadap keluarga.


Sebarkan berita baik ini