Sebarkan berita baik ini

UMKM merupakan ranah usaha yang paling populer dimiliki oleh masyarakat Indonesia, selain itu UKM merupakan tulang punggung ekonomi Indonesia. Namun masyarakat masih melihat UMKM sebagai usaha yang kecil dan tidak bisa menyaingi industri industri besar yang sudah mengakar, pada kesempatan kali ini di salah satu series Room Eight akan mengupas bagaimana kiat kiat agar dapat mengangkat bisnis UKM agar tidak kalah bersaing dengan perusahan besar. Diskusi ini mendatangkan narasumber yang kaya pengalaman seputar bisnis UKM yakni, Lutfi Hakim selalu Chairman Halal Center Indonesia dan merangkap juga sebagai Direktur pengawasan dan kepatuhan TDA 6.0.

Masa sekarang kita telah memasuki industry 4.0 yang berarti berbagai hal yang biasanya diperlukan kontak fisik dan penyebaran informasi yang menggunakan media secara fisik telah beralih ke digital. Oleh karena itu sebagai pemilikin usaha UMKM kita harus waspada dan bertindak bagaimana caranya agar usaha kita dapat masuk kedalam masa revolusi industri 4.0. Tentunya untuk mencapai hal tersebut ada banyak hal yang perlu kita persiapkan, hal yang paling penting adalah dengan mengetahui dan menggunakan teknologi digital dalam usaha kita. Terlepas dari revolusi industri perlu kita perhatikan bahwa menjadi UMKM tentunya dapat mengembangkan bisnis kita menjadi industry seperti halnya pemilik Microsoft Bill Gates yang memulai dari garasi, pemilik Facebook Mark Zuckerberg yang memulai dari kamar kos dan Chairul Tanjung yang memulai usahanya dari tempat fotokopi, jadi bisa dikatakan bahwa tidak mustahil untuk mengubah UMKM menjadi sebuah bisnis industry.

Dalam perjalanan kita mengembangkan bisnis UKM menjadi industri kita perlu memahami tingkat tingkatnya yang akan ditempuh tentunya dalam menjadi seorang wirausaha. Kita memulainya dari karyawan namun yang perlu di garis bawahi bahwa jika kita ingin untuk dapat mengembangkan wajib hukumnya untuk menyisihkan uang berapapun gaji yang kita terima karena jika kita tidak memupuk pola pikir seperti itu makan berapapun uang yang kita terima akan habis dan ambisi untuk mengembangkan usaha akan hanya menjadi angan angan belaka. Setelah dari karyawan kita akan naik menjadi manajer yang bertugas sebagai pengawas sebuah perusahaan dari situ kita akan mendapatkan lebih banyak lagi ilmu mengenai bagaimana mana cara untuk mengelola sebuah usaha, setelah menjadi manager makan kita akan memiliki modal yang cukup untuk membuka bisnis kita sendiri dari situ kita beralih yang pertama menjadi bawahan orang berubah menjadi pebisnis, setelah kita mengembangkan usaha kita baik menggunakan modal sendiri ataupun menggunakan modal dari investor kita dapat menggunakan ilmu yang telah kita peroleh mulai menjadi karyawan dan naik menjadi manager maka dari situ kita naik menjadi CEO di perusahaan kita sendiri. Selanjutnya adalah pengembangan bisnis kita mulai dari membuka cabang di tempat lain atau menjadi investor di usaha UMKM yang lainya.

Ada beberapa tahapan yang harus dilalui UMKM mulai dari potensi berkembang dan permasalahan yang terjadi apa saja. Permasalah utama pada saat pembukaan usaha pertama kali adalah masalah leadership kita perlu mengembangan reputasi dan branding diri kita agar pembeli kita dapat mempercayai dengan usaha yang kita jalankan dan akan para bawahan kita dapat percaya dan memberikan yang terbaik untuk usaha kita. Selain dari masalah leadership ada tahap kreatif usaha perlu di perhatikan bahwa usaha yang kita jalankan harus kreatif dan berbeda dari yang lainya. Tahapan berikutnya adalah memberikan otonomi dan mengawasi para anak buah agar dapat menjalankan pekerjaanya dengan baik dan benar. Definisi usaha yang sukses adalah usaha yang dapat menopang kebutuhan pemilik usaha dan dapat memberikan gaji yang cukup untuk karyawan. Setelah usaha kita dapat bertahan dan memberikan kehidupan yang layak makan kita akan memasuki tahap yang berikutnya yaitu usaha yang tumbuh. Pada tahap ini kita dapat memberikan delegasi kepada karyawan kita karena waktu yang kita punya semakin sedikit dikarenakan lebih banyak hal yang perlu kita pantau. Setelah itu kita masuk tahap ekspansi tahap yang perlu kita pahami dan kita perhatikan adalah bagian administrasi dan perizinan karena jika kita tidak mengantongi perizinan yang baik maka disaat peluang datang maka kita tidak bisa mengaksesnya dengan baik. Pada tahap terakhir adalah tahap kolaborasi, pada tahap ini kita dituntut untuk dapat berkolaborasi dengan para pengusaha pengusaha yang lainya akan kelangsungan bisnis kita bisa terjamin.

Ada beberapa tips untuk dapat membuat bisnis yang dapat sustain pertama adalah menetapkan standar terhadap produk anda yang tinggi pantau untuk dapat menciptakan produk yang memiliki kualitas yang bagus dan baik. Selanjutnya adalah menggunakan fasilitas untuk menciptakan produk yang akan kita jual seperlunya sebaik mungkin mencari bahan bahan yang murah dan bagus guna memangkas biaya produksi, berikutnya adalah dapat memetakan dengan baik dan benar mana yang menjadi prioritas usaha kita dan mana yang sekunder.


Sebarkan berita baik ini