In Arsip Kabar TDA,LIPUTAN MEDIA

Pelatihan Keuangan Usaha Mikro TDA Batam

AntusiasDiMiniWorkshop#2

Seri Pelatihan Keuangan Usaha Mikro yang dimulai tanggal 24 Juni 2013 lalu tersebut diberikan kepada 4 kelompok dan 4 orang pelaku usaha mikro. Seluruh peserta adalah ibu rumah tangga dengan usia 30 hingga 50 tahun dengan omset usaha berkisar antara  150 – 300 ribu per hari dan berasal dari keluarga pra sejahtera. Mereka tidak lain adalah pengusaha binaan dari sebuah lembaga zakat di Batam. Jenis usahanya mencakup makanan basah, kue, kue kering, abon hingga kerajinan (batik).

Materi pelatihan rencananya akan dibuat selama 3-4 kali pertemuan, 1-2 kali  pertemuan per bulannya dengan menyesuaikan agenda rutin peserta pelatihan. Materi yang akan disampaikan diantaranya adalah Nilai penting catatan transaksi keuangan bagi seluruh skala usaha yang merupakan materi wawasan. Untuk materi keterampilannya diadakan pelatihan teknik pencatatan keuangan sederhana  serta diadakan pertemuan berkala sebagai program pendampingan. Seluruh proses diperkirakan 3-4 bulan dengan pola Pelatihan yang dilakukan dengan tatap muka dilokasi usaha atau dirumah peserta

Alasan pemilihan materi dan segmen ini karena jumlah pelaku pada segmen ini adalah mayoritas. Pun catatan transaksi adalah elemen paling dasar dari pembukuan usaha. Dalam hal ini modul atau materi keterampilan keuangan untuk segmen ini tidak banyak dijumpai atau dikembangkan. Program inipun merupakan tindak lanjut dari rangkaian Workshop, adapun materi yang disampaikan adalah hasil adaptasi dari materi Workshop. Bila berhasil dijalankan, TDA Batam akan memiliki platform untuk pengembangan modul-modul yang lebih spesifik ditujukan pada segmen terbesar dalam dunia usaha di Batam. Bravo TDA Batam.