In Arsip Kabar TDA,LIPUTAN MEDIA

2 Juli 2013 Forum TDA Ngalam #1 'Meningkatkan Nilai Bisnis'

Malang, 2 Juli 2013 – Forum TDA Ngalam kali ini merupakan kegiatan perdana TDA Ngalam dibawah kepemimpinan Ketua baru NIZAR LUTHFIANSYAH. Bertempat di café milik salah satu anggota TDA Ngalam yaitu Mas Aul bos Bandung Distro sebagaian anggota TDA Ngalam telah berkumpul dengan antusiasnya. Adalah Rezzen Bakery & Coffee, di Jl. Raya Mertojoyo K2 Kota Malang disepakati menjadi tempat sharing yang sedianya dimulai sejak pukul  1 siang hingga sore menjelang. Tempat kegiatan memang diprioritaskan di café atau resto yang dimiliki oleh member TDA Ngalam sebagai komitmen nyata mendukung gerakan Beli TDA.

 

Forum ini merupakan kelas kecil yang diikuti oleh sekitar 15 orang peserta saja dengan peserta yang telah diseleksi terlebih dahulu, karena hanya boleh diikuti oleh peserta yang telah malakukan bisnisnya minimal selama 2 tahun dan minimal telah memiliki 5 karyawan. Pemberi materi adalah Donny Kris Puriyono yang tidak lain adalah salah satu founder TDA Ngalam dan juga menjadi ikon keberhasilan pengusaha muda di TDA Ngalam.

TDA Ngalam memiliki tradisi dimana setiap member yang mengikuti seminar atau workshop dengan materi kelas 1 (wahid) pasti akan sukarela membagikan pengalamannya mengikuti seminar tersebut ke member yang lain. Kali ini Donny serta lima senior TDA lainnya mengikuti seminar dengan materi advance yang dibawakan oleh CEO Sari Husada. Seminar tersebut memang diperuntukkan bagi pebisnis yang bukan pemula.

Materi Forum TDA Ngalam kali ini adalah tentang perlunya pemilik bisnis selalu meningkatkan nilai bisnisnya. Jika nilai bisnis meningkat, akan semakin mudah menjalankan bisnis. Karyawan akan lebih suka bekerja di tempat yang lebih bergengsi, investor akan lebih percaya dengan perusahaan yang lebih berkelas. Distributor atau supplier juga akan lebih percaya sehingga mungkin bisa memberikan pembayaran tempo kepada kita dibanding perusahaan dengan value yang lebih kecil. Dalam sharing tersebut juga dijelaskan bagaimana cara perusahaan kecil dapat menaikkan value-nya secara cepat.

Dyah Purana, pemilik aremafood.com yang juga menjadi salah satu peserta forum menjelaskan bagaimana materi di forum kali ini sangat membuka matanya tentang global view dan bagaimana meningkatkan value dari bisnisnya. ”Harus dimulai sejak sekarang sebelum semuanya berkembang tidak terkendali. Perusahaan kita harus divaluasi sejak kecil, supaya tidak dipaksa melakukan oleh keadaan, saat bisnis sudah besar. Keadaan itu bisa berupa diakuisisi, dicaplok, atau digerus oleh kompetitor” Tambah Dyah mencoba memaparkan dengan mantap. (Hildan Fathoni/ Kontributor TDA Ngalam)