In Inspirasi,Peluang Usaha,Saran Ahli,Tips & Trick,Tips Bisnis

Pelajaran Pasang Iklan Google Adwords untuk Produk Herbal

Google AdwordsBeberapa minggu lalu pikiran saya suntuk banget, selain gara-gara kurs USD yang naik gila-gilaan, saya dipusingkan juga dengan iklan Adwords yang tidak pernah di-approve oleh Google.

Semua berawal dari niat saya untuk mengiklankan produk herbal saya melalui Google Adwords. Tetapi entah kenapa, situs dan bahasa iklannya selalu ditolak oleh Google padahal kalau saya lihat, ada juga yang berhasil memasang Adwords dengan kata kunci yang sama.

Tetapi di balik penolakan Google, ada berita bagusnya yaitu Google selalu menunjukkan kesalahan kita dan saya juga beberapa kali diberi petunjuk via email. Mulanya adalah gara-gara di situs saya ada kata-kata “obat yang dapat menyembuhkan kanker, tumor, demam berdarah” yang masuk di dalam halaman testimoni dan halaman ini tidak saya masukkan ke dalam ‘Landing Page Adwords’.

Mulanya saya pikir pasti aman karena halaman tersebut tidak saya iklankan dan ternyata salah, di website kita intinya tidak boleh ada kata-kata yang berbau obat-obatan dan ada kata-kata yang terlalu berlebihan melebihi bahasa medis walaupun kenyataannya memang begitu adanya berdasar dari testimoni para pemakai.

Dari beberapa testimoni yang saya pasang, ada yang menyebutkan bisa menyembuhkan kanker setelah meminum beberapa botol, ada yang bisa hilang tumornya dalam beberapa bulan setelah rutin meminum produk tsb dan ternyata testimoni seperti ini tidak boleh karena Google melarang di dalam website kita ada kalimat yang menunjukkan bisa menyembuhkan dalam “sekian waktu”.

Kalimat “…. dalam beberapa minggu/bulan” harus dihapus dan dibuat lebih halus karena obat herbal menurut Google tidak ada bukti medis seperti obat-obatan farmasi.

Akhirnya kalimat-kalimat yang ditunjukkan sudah saya hapus lalu langkah berikutnya adalah saya minta review dari Google lagi. Selain petunjuk via email, Google ternyata menghubungi saya langsung ke HP dan menunjukkan kesalahan saya sekaligus memberikan solusinya, hebaat.

Untung mereka kontak saya sebab kalau tidak saya pasti puyeng memikirkan caranya dan jika berlarut-larut bisa-bisa kartu kredit dan akun saya di-banned oleh Google. Ini merupakan pengalaman baru memasang produk herbal semacam Tahitian Noni sebab selama ini saya hampir selalu lolos setiap kali pasang Adwords karena yang saya jual adalah produk non medis atau herbal.

Saat ini website herbal saya sudah aktif di Google Adwords, dan setelah saya cek sudah ada beberapa klik dan artinya siap meraup keuntungan.

 

Rawi Wahyudiono

Ketua TDA Bekasi

http://tahitiannoniasli.com