In Arsip Kabar TDA,LIPUTAN MEDIA

TDA Bandung; FGD Jasa "Membudidayakan Benih Uang"

FGD TDA Bandung 1FGD (Forum Grup Diskusi) Jasa adalah forum diskusi bareng yang dihadiri oleh member TDA bandung yang bergerak di bidang jasa. Di TDA Bandung sendiri saat ini terdapat 3 FGD, yaitu bidang: Fashion, Kuliner, dan Jasa. Sedangkan  Ketua FGD TDA Bandungnya sendiri adalah Dea Ariyanti. Di kepengurusan yang sekarang, FGD Jasa yang diselenggarakan hari Minggu 15 September 2013 lalu adalah edisi yang perdana.

 Acara dimulai dengan sambutan dari Ade Wahyudi selaku Ketua TDA Bandung yang memaparkan tentang program pengurus TDA Bandung, seperti: FGD, KMB, Pesta Wirausaha (PW), dan juga pembentukan Koperasi. Acara yang dihadiri 26 peserta ini, diadakan di Rumah Bunga Rizal, Jl Maribaya km 2,4 Lembang yang tak lain adalah lahan usaha sang pemateri di FGD kali ini. Tampak hadir kordinator dan wakil FGD jasa TDA Badung yaitu M. Yusuf Adiwiyarso dan Andhika Prawira.

 Rizal Djaafarer, owner Rumah Bunga Rizal memberikan banyak materi menarik yang beliau share ke peserta. Salah satunya adalah mengenai cara “membudidayakan” Benih Uang, sehingga uang tetap masuk meski kita sedang tidur sekalipun. Menurut Pak Rizal ada 4 langkah yang perlu dilakukan untuk membangun Benih Uang ini yaitu:

FGD TDA Bandung 2

1.    Mempunyai Usaha

Orang seringkali bingung bagaimana memulai sebuah usaha. Menurut Pak Rizal, ada 3 pintu untuk memulai usaha, yaitu:

  • · Hobi. Bangunlah usaha berdasarkan hobi. Asalkan kita ikhlas dan fokus maka insyaallah usaha yang dibangun dari hobi ini akan menghasilkan.
  • · Peluang. Usaha bisa juga dimulai dengan melihat peluang yang ada. Tips dari beliau, gandenglah orang yang usahanya sudah maju apabila ingin memulai usaha berdasarkan peluang.
  • · Ilmu Pengetahuan atau Pengalaman. Orang juga bisa memulai usaha sesuai dengan ilmu atau pengalaman yang dimilikinya. Biasanya usaha yang dimulai dari ilmu/pengetahuan ini bentuknya Jasa. Kelebihan usaha tipe ini adalah: low risk, high profit!

2.    Melayani Orang

Setelah usaha terbentuk, maka selanjutnya budayakanlah attitude untuk melayani orang. Tips untuk melayani orang yang baik adalah 5S:

  • · Senyum
  • · Sambut
  • · Sapa
  • · Sampaikan keunggulan produk/jasa kita tanpa menjelekkan orang lain (kompetitor)
  • · Sampaikan terima kasih

3.    Berbagi

Supaya usaha terus tumbuh, jangan pelit untuk berbagi ilmu dengan karyawan ataupun orang lain. Banyak pengusaha yang enggan untuk membagikan ilmunya karena takut tersaingi atau ilmunya dicuri. Salah satu akibatnya pengusaha tersebut akan kesulitan dalam hal pendelegasian.

4.    Amanah

Ketika usaha sudah semakin maju, teruslah menjaga diri untuk senantiasa menjadi pribadi yang amanah. Banyak pengusaha yang sudah menanjak bisnisnya kemudian tergoda untuk berbuat yang tidak amanah karena keserakahan, sehingga pada akhirnya bisnisnya pun menjadi hancur.

Setelah penyampaian materi, acara dilanjutkan dengan sesi sharing dan tanya jawab dari peserta. Acara ini sebenarnya diagendakan hanya berlangsung 2 (dua) jam yang dimulai pukul 1 siang.  Namun karena materi dan pematerinya sangat bagus dan menarik, para peserta pun rela acara dilanjutkan hingga  5 sore. Selepas acara pun masih banyak peserta yang masih tinggal untuk berdiskusi lebih lanjut dengan Pak Rizal. Acara ditutup dengan penyerahan plakat dan foto bersama.

FGD TDA Bandung 3