In Arsip Kabar TDA,LIPUTAN MEDIA

Seminar 'Finansial Freedom' Ala Robert Kiyosaki – TDA Ternate Forum #2

TDA Ternate 3

Acara ini dimulai tepat pukul 14.00 WIT diawali dengan sambutan atau sekapur sirih dari penasehat TDA Ternate Samin Namakule. Bertempat di Balai Pertemuan Nelayan, Kompleks Pelabuhan Perikanan Busantara Jl. Pasar Inpres Bastiong Ternate, acara ini dihadiri oleh sekitar 45 peserta.

Samin Namakule (Penasehat TDA Ternate) menitikberatkan dan memotivasi serta menggugah semangat  para peserta seminar, salah satu statement dari beliau yaitu Maluku Utara sangat kaya akan potensi sumber daya alam terutama di bidang perikanan, sangat disayangkan bahwa potensi yang cukup luar biasa ini belum dikembangkan secara maksimal khususnya oleh masyarakat Maluku Utara sendiri, beliau mencontohkan bahwa bisnis yang beliau geluti sekarang ini ternyata bahan baku bisa diperoleh dengan gratis.

Dilanjutkan materi Seminar Finansial Freedom Plus Cara Mencapai Kemandirian Finansial Ala Robert Kiyosaki oleh Budi Rachmat (Ketua TDA Jakarta Pusat), beliau ini yang sudah malang melintang menerapkan ajaran Kiyosaki dan berhasil membangun bisnis dan investasinya. Materi disampaikan mulai 15.30 WIT diselingi waktu untuk istrahat dan shalat Ashar.

Berikut overview materi yang dibawakan Budi Rachmat:

Ilustrasi perbandingan penghasilan dan biaya seorang yang berpenghasilan tetap atau karyawan yang terjadi masih terjebak dalam lingkaran tikus yaitu suatu kondisi di mana penghasilan naik tetapi biaya juga naik begitu seterusnya berputar-putar, maka yang terjadi adalah semua penghasilan akan habis terpakai.

Keliru menilai antara Asset dan Liabilities sehingga transaksi yang masuk liabilities dianggap sebagai asset padahal akibat dari transaksi tersebut banyak menimbulkan cost misalnya membeli rumah dengan pola KPR atau cicilan dll.

Finansial Freedom adalah bagaimana agar kita bisa menciptakan banyak sumber income. Kapan kita bisa dikatakan Financial freedom yaitu  ketika Total Penghasilan kita besarnya sudah mencapai 3 kali lebih besar dari Total Pengeluaran, contohnya  seseorang mempunyai total pengeluaran Rp. 1.000.000,- maka dia harus mengejar pendapatan sejumlah Rp. 3.000.000,-

Acara dilanjutkan kembali pada pukul 16.15 WIT lanjutan materi sekaligus dialog atau tanya jawab antara para peserta dengan pemateri, ada kurang lebih 3 orang peserta yang bertanya dan dijawab dengan tegas oleh pemateri, acara diakhiri pada pukul 18.00 WIT yang sebelumnya diadakan undian doorprize serta foto bersama.

Samin Namakule pada akhir acara memberikan door prize berupa buku Chairul Tanjung Anak Singkong milik beliau pribadi kepada peserta yang beruntung menjawab pertanyaan beliau.

 

Muhammad Ammarullah K.
Ketua TDA Ternate
www.velocityshophouse.com
@distro ternate