In Inspirasi,Peluang Usaha,Saran Ahli,Tips & Trick,Tips Bisnis

5 Pilar Penopang Bisnis

Pillar business.pngHal-hal apa aja yang harus kita perhatikan ketika menjalankan suatu bisnis agar terus berjalan berkesinambungan dan tumbuh  terus menerus ?

Ada 5 hal yang harus diperhatikan dalam menjalankan suatu bisnis, kelima hal ini adalah aspek marketing, aspek penjualan, aspek operasional, aspek finansial dan aspek sumber daya manusia.

  1. Aspek Marketing

Poin terpenting dari marketing adalah bagaimana mendatangkan calon pelanggan.

Pemilihan Merek, pemilihan target pembeli  karena pada prinsipnya Kita sulit menjual ke semua type pembeli  harus memilih ceruk pasar yang tepat, menentukan Keunikan produk atau jasa, analisis sumber-sumber calon pembeli dan media promosi yang tepat untuk mendatangkan calon pembeli. Bagian dalam organisasi yang menangani hal ini adalah bagian marketing

2.       Aspek Penjualan

Poin terpenting dari aspek ini adalah merubah calon pelanggan yang merupakan hasil dari divisi marketing untuk dikonversi menjadi pembeli sesungguhnya yaitu yang membayar sesuai dengan harga yang ditawarkan. Aspek penjualan lainnya yang harus diperhatikan adalah bagaimana pelanggan yang ada menjadi loyal dan melakukan pembelian kembali. Bagian yang menangani hal ini adalah bagian sales dan customer service

3.       Aspek Operasional

Poin terpenting dalam aspek ini adalah suplai chain management  atau manajemen rantai pasokan. Divisi ini bertanggung jawab melakukan eksekusi order yang diperoleh dari divisi penjualan sampai terlaksana. Melakukan produksi, penyimpanan sampai pengiriman.

4.       Aspek Finansial

Dibentuknya divisi keuangan adalah untuk melayani pemilik perusahaan, mendesain agar perusahaan untung  dengan tingkat return tinggi. Sub divisi bagian finansial adalah divisi akunting yang bertugas memotret harga kekayaan perusahaan, posisi kas, hutang, persediaan dan keuntungan.

5.       Aspek Sumber Daya Manusia

Dan bagian yang terakhir adalah bagian perekat dari semua bagian. Tanpa sumber daya pebisnis hanyalah seorang selfemployee. Manajemen SDM meliputi bagaimana melakukan rekrutmen, mengembangkan mereka menjadi lebih terampil dan punya sikap yang baik serta bagaimana mereka dinilai performan nya secara objective sampai bagaimana memberikan kompensasi yang menarik bagi team bisnis.

Kelima unsur ini harus diperhatikan secara paralel dan idealnya ada PIC atau manager  yang  bertanggung jawab menjalankan tugas-tugas dengan indikator kinerja yang dapat diukur. Jika salah satu dari lima aspek ini hilang bisa dipastikan bisnis akan mengalami masalah yang  terjadi secara terus menerus.

 

Teguh Wibawanto
Direktur Kerjasama Eksternal TDA