In Arsip Kabar TDA,LIPUTAN MEDIA

Kunjungan Bisnis ke Sentulfresh – TDA Srikandi Bekasi Forum

edufarm @sentulfreshPada tanggal 31 Oktober 2013, TDA Srikandi Bekasi dan Bakerpreneur Community berwisata bisnis ke lokasi peternakan di wilayah Sentul City yang bernama Sentulfresh. Apakah Sentulfresh itu? Menurut pemaparan sang owner Zulham Ariansyah, Sentulfresh adalah sebuah bisnis integrasi peternakan dan pertanian. Bisnis utama di Sentulfresh adalah ayam dan sapi, selebihnya ada budidaya ikan bawal, ikan lele dll. Juga budidaya tanaman buah naga, budidaya burung merpati.

Dan yang baru-baru ini dimunculkan adalah produk yang terbuat dari yogurt yang bernama ice yoghurt, rasanya seperti yoghurt pada umumnya yaitu asam segar. Kelebihan dari ice yoghurt produksi Sentulfresh ini adalah produk tersebut tidak menggunakan pengawet dan juga tidak menggunakan pemanis buatan.

Di Sentulfresh juga sejak Juni 2012 lalu membuka Program Edufarm bagi anak-anak usia sekolah PAUD/TK (Pendidikan Anak Usia Dini/Taman Kanak Kanak) dan juga paket Edufarm for young entrepreneur. Materi yang diberikan  pada saat Edufarm antara lain adalah presentasi tentang peternakan (dengan bahasa anak-anak), memberi makan ikan, memberi makan burung,  memberi makan sapi, memerah susu sapi dan menunggang sapi/pedet. Info lengkap tentang edufarm bisa diakses melalui www.sentulfresh.com

Saat di lokasi Sentulfresh, selain bersilaturahim dengan teman-teman TDA Srikandi Bekasi dan B’Co (Bakerpreneur Community) kami juga berkesempatan bersilaturahim dengan member TDA Depok dan member komunitas UKM Gemar Halal.

Acara dimulai dengan membaca doa, pukul 10 pagi, sampai selesai sekitar pukul 2 siang. Dilanjutkan dengan sambutan dari tuan rumah dan perkenalan masing-masing kemudian diberikan sekilas info oleh sang owner mengenai sejarah bisnis di Sentulfresh, program Edufarm, juga info tentang asal usul yoghurt, teori pembuatan yoghurt, prinsip pembuatan yoghurt, nilai gizi yoghurt dan manfaatnya bagi tubuh kita. Bahkan kita semua diajarin juga cara membuatnya.

Pengurus TDA Bekasi yang ikut dalam acara ini yaitu Afia Lindra dan Tyra. Peserta mendapat hikmah/pelajaran tentang pengetahuan berternak sapi, ikan, ayam. Pengetahuan tentang pembuatan yoghurt, dan peluang bisnis untuk menjadi agen/distributor produk Sentulfresh.

Yang paling berkesan adalah saat kami semua diajak berkeliling lokasi Sentulfresh, dimulai dari pengenalan terhadap budidaya ikan bawal, kami semua berdiri di depan kolam ikan bawal sambil kepala manggut-manggut tanda sedang mencerna penjelasan tentang si ikan bawal, kemudian tak jauh dari kolam besar ikan bawal terdapat budidaya tanaman buah naga, lanjut kita berjalan beriringan ke kandang sapi.

Bukan cuma wujud sapi saja yang kita lihat melainkan juga segala hal yang berkaitan dengan kegiatan peternakan sapi diulas secara tuntas oleh Zulham. Selain sapi-sapi besar kami semua juga diajak menengok anak sapi yang baru lahir, sapi baru lahir bisa langsung berdiri. Di sini teman-teman peserta tidak mau melewatkan momen indah yakni  foto-foto dengan anak sapi baru lahir dengan canda tawa yang meriah.

edufarm @sentulfresh1

Sampai disini adzan Dzuhur berkumandang tanda waktu kami semua harus menunaikan sholat  Dzuhur, beriringan kami semua menuju masjid yang ada di lokasi. Tepat di dinding depan masjid terpampang tulisan “Program Pembibitan Penghapal Al-Quran” Setelah ditanyakan ke Zulham ternyata selain menjalankan semua bisnis, di Sentulfresh juga ada program pembibitan penghapal Al-Quran yang dinaungi oleh Rumah Tahfidz yang ada di lokasi yang sama, saat ini santri tahfidz disana berjumlah sekitar 40 orang. Menurut Zulham agak menyusut dari jumlah awal sebanyak 80 orang, mereka direkrut dari lingkungan sekitar. Dan program ini adalah gratis sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan sekitar Sentulfresh.

Tiba saatnya kami semua makan siang sambil beramah tamah ngobrol bareng temen-temen semua, sambil pesan ice yoghurt untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Alhamdulillah, rangkaian acara kunjungan berjalan dengan lancar, kami pun pulang dengan wajah sumringah karena baru saja mengalami sensasi belajar langsung di peternakan, berinteraksi dengan hewan yang merupakan pengalaman tak terlupakan.

Pengin ikutan program wisata bisnis bareng keluarga tercinta ke Sentulfresh? Insya Allah TdaB Srikandi akan mengadakan kembali program wisata bisnis ke Sentulfresh. Syaratnya sangat mudah yakni terdaftar sebagai peserta Pesta Wirausaha Bekasi 2013. Jangan lewatkan moment special ini yaa…

Afia Lindra
TDA Srikandi bekasi

www.suvenircoklat.com
pusatnya Fancy Cookies
@SuvenirCoklat
wa 0818892144