In Inspirasi,Peluang Usaha,Saran Ahli,Tips & Trick,Tips Bisnis

Belajar Social Responsibility Marketing dari Perusahaan Besar

Iim Rusyamsi Majelis Wali Amanah TDA

Iim Rusyamsi
Majelis Wali Amanah TDA

Sebagai pelaku UKM kita harus belajar banyak dan mencontoh dari perusahaan besar di dunia maupun di Indonesia. Mereka dapat sukses karena menerapkan strategi dan kegiatan-kegiatan marketing yang baik.

Salah satu kegiatan yang dapat dilakukan dalam marketing adalah melalui kegiatan “Social Responsibilty Marketing”. Kegiatan marketing ini bisa dikatakan bagian dari kegiatan dan program CSR (Corporate Social Responsibility) yaitu tanggung jawab sosial perusahaan terhadap lingkungan dan masyarakat. Dengan kegiatan sosial ini diharapkan perusahaan dapat memberikan kontribusi untuk kemajuan ekonomi, sosial, dan lingkungan berdasarkan pandangan untuk mencapai pembangunan berkelanjutan.

Manfaat yang kita dapatkan dalam melakukan Social Responsibility Marketing adalah perusahaan dapat tumbuh dan berkelanjutan, perusahaan mendapatkan citra/image yang positif dari masyarakat, perusahaan menjadi tempat kerja yang dipilih oleh SDM setempat dan dapat mempertahankan SDM yang berkualitas dan perusahaan dapat mudah mengambil keputusan yang berhubungan dengan masyarakat dan mempermudah pengelolaan manajemen resiko.

Inilah beberapa tipe kegiatan Social Responsibility Marketing berdasarkan Marketing Management dari Philip Kotler dan saya mengambil contoh yang dilakukan McDonald Indonesia dan International dari sumber di websitenya :

1.    Corporate Social Marketing

Pada tipe ini perusahaan memberikan dukungan pada kampanye perubahan khususnya pada isu-isu kesehatan, kemiskinan dan pendidikan. Contoh : Mc Donald Indonesia melalui Yayasan Ronald Mc Donald House Charities mengadakan program imunisasi dan pemantauan gizi untuk anak-anak juga pemeriksaan mata di berbagai daerah.

2.    Cause Marketing

Mensponsori kegiatan tertentu yang berkaitan dengan event/isu tertentu yang dibarengi dengan beriklan/kampanye marketing. Contoh : Mc Donald Indonesia mensponsori kegiatan/acara “Yuk Sahur” di sebuah televisi yang disiarkan secara langsung.

3.    Cause-related Marketing

Perusahaan memberikan sebagian dari pendapatan/revenue dari penjualan produk tertentu dan periode waktu tertentu untuk disumbangkan ke kegiatan sosial atau amal. Contoh : Mc Donald International mendonasikan $1 dari setiap penjualan BigMac pada McHappy Day untuk kegiatan amal Children’s Charities.

4.    Corporate Philanthropy

Memberikan donasi kepada lembaga non profit atau individu dalam bentuk uang, barang atau non material lainnya untuk mendukung kegiatan sosial yang dilakukan lembaga dan individu tersebut. Contoh : Mc Donald Indonesia memberikan donasi kepada yayasan yang dibentuk oleh Mc Donald, yaitu Yayasan Ronald McDonald House Charities untuk melakukan kegiatan-kegiatan social seperti Ronald McDonald Care Mobile dan Ronald McDonald Family Room di RSCM.

5.    Corporate Community Involvement

Memberikan kepedulian social dalam bentuk bantuan dan relawan-relawan pada masyarakat, bisa diadakan saat terjadi bencana alam. Contoh pada Januari 2013, Mc Donald Indonesia memberikan bantuan dan relawan pada banjir di Jakarta dengan program Peduli Banjir di wilayah yang terkena banjir.

6.    Socially Responsibility Business practices

Perusahaan menerapkan dan melakukan praktek bisnis yang melindungi lingkungan, ramah lingkungan dan melindungi hak asasi manusia dan perlindungan hewan. Contoh: Mc Donald mensyaratkan kepada para suplier daging ayam beberapa best practice untuk perlindungan hewan dan memberikan pembinaan cara beternak ayam yang sehat dan benar kepada para supliernya. Mc Donald juga telah menerapkan kantong plastik dan kertas yang ramah lingkungan.

Nah dari kegiatan-kegiatan marketing diatas, mana yang bisa kita ambil contoh dan bisa kita terapkan di bisnis kita? Dengan yang paling sederhana, namun bisa kita lakukan dari sekarang juga.

 

Iim Rusyamsi
Majelis Wali Amanah TDA
Pemilik http://dokterkomputer.com
Follow http://twitter.com/iimrusyamsi