In Inspirasi,Peluang Usaha,Saran Ahli,Tips & Trick,Tips Bisnis

Peluang Bisnis Saat Dolar Menguat (baca: Rupiah Melemah)

USD1Beberapa bulan terakhir ini kenaikan nilai dolar terus naik bahkan di perkirakan tahun 2014 stabil di angka 13 ribu rupiah perdolar.  Peluang bisnis apakah yang masih relevan dengan kondisi tersebut ? Ada pepatah di dunia ini tidak ada yang abadi, kecuali 3 hal yaitu Tuhan, hukum-hukum alam dan perubahan itu sendiri.

Saat mengikuti seminar Markplus Conference kemaren di Jakarta, Hermawan Kartajaya mengungkapkan dalam menyikapi nilai dolar yang terus menguat ada 3 hal peluang besar yang bisa diraih agar kita masih bisa berkompetisi dalam dunia bisnis:

1. Pertama adalah mengganti produk impor yang membanjiri Indonesia. Besarnya kebutuhan beberapa produk di Indonesia dan daya serap pasar yang tinggi menyebabkan membanjirnya produk impor masuk, artinya hal ini adalah masalah suplai produk yang kurang, apabila kita bisa memberikan produk dengan value yg lebih besar, maka akan mudah terserap oleh pasar. Contoh yang paling nyata adalah buah impor, produk elektronik serta produk komiditi dan teknologi lainnya.

2. Membuat produk yang berorientasi ekspor, untuk hal ini jelas sekali, dengan naiknya dolar mencapai 20%, hal ini akan sangat mengutungkan bagi para eksportir karena akan mendapat untung lebih abibat nilai kurs. Tambahan keuntungan yang diperoleh bisa mensubsidi kenaikan harga akibat BBM dan upah UMR yang meningkat.

3. Membidik kelas menengah, pertumbuhan kelas menengah yang cukup tinggi di Indonesia merupakan peluang besar untuk membuat dan menjual produk-produk yang sesuai dengan margin yang tinggi. Karena kelas menengah ini mempunyai gaya hidup yang berbeda dan memiliki daya beli yang lebih tinggi dari pada kelas di bawahnya.

Jadi, apapun perubahan yang terjadi pada kita bisa dipandang sebagai tekanan atau peluang kitalah yang menentukan .

Teguh Wibawanto
Direktur Kerjasama Eksternal TDA
www.hydro.co.id