In Inspirasi,Peluang Usaha,Saran Ahli,Tips & Trick,Tips Bisnis

Warisan

Coach FRPemimpin yang baik bisa jadi berhasil membawa tim yang dipimpin mencapai tujuan saat ini. Tetapi para pemimpin yang luar biasa tidak berhenti sampai di situ, mereka juga mewariskan banyak hal istimewa untuk generasi di masa mendatang.

Dalam perjalanan menuju Tanah Suci beberapa hari lalu, rombongan kami mampir di kota Doha, Qatar. Salah satu negara di Teluk yang rakyatnya hidup dengan pendapatan tinggi.

Infrastruktur kota dibangun dengan modern dan sangat layak bagi warganya. Tidak heran kalau Qatar terpilih sebagai tuan rumah Piala Dunia di tahun 2022 kelak. Fasilitas olah raga di sana memang tidak kalah dengan negara-negara maju.

Pemerintah Qatar menomorsatukan warga negaranya. Gaji warga negara Qatar, jika dibandingkan pegawai pendatang, dengan kemampuan dan pengalaman setara, jauh berlipat-lipat. Pegawai pemerintah termasuk yang menerima gaji sangat tinggi. Saya bandingkan pegawai tingkat rendah saja setara level Vice President perusahaan-perusahaan top di Indonesia

Makanya tidak heran, kompleks perumahan warga negara asli dan para pendatang jauh berbeda. Rumah warga nampak besar-besar dan asri. Asri? Ya, saking mewahnya banyak yang punya “kebun” di halamannya. Perumahan warga pendatang juga cukup layak, namun tidak sebagus itu.

Diskriminatif? Terserah bagaimana kita menilai. Namun bagi saya menomorsatukan warga sendiri adalah hak pemerintah mereka. Itu tanah air mereka.

Lalu darimana Qatar mendapatkan penghasilan untuk membiayai itu semua? Mereka mengandalkan pendapatan dari gas alam. Utama nya hanya itu.

Dari tingkat penghasilan yang dinikmati rakyatnya, dapat disimpulkan mereka berhasil membangun sebuah sistem untuk memastikan bahwa penghasilan dari gas alam tersebut, tidak hanya habis dinikmati saat ini. Namun juga menghasilkan banyak hal positif untuk diwariskan bagi generasi mendatang.

Para pemimpin di sana sadar, bahwa mereka mengelola sumberdaya yang terbatas. Dan memimpin negara adalah permainan jangka panjang.

Hal yang sama juga dihadapi oleh setiap pemimpin bisnis. Yang kita lakukan sebagai pemimpin adalah membangun dan menjaga sistem berjalan.

Yang harus kita ingat adalah sistem yang berjalan hari ini adalah landasan bagi sistem yang akan berjalan di masa mendatang. Apa yang kita lakukan hari ini, buahnya akan kita wariskan kepada generasi mendatang.

Sepenuhnya di tangan kita, para pemimpin hari ini. Apakah akan mewariskan sebuah sistem yang dapat menghidupi dirinya sendiri, atau sebuah sistem yang akan menghancurkan dirinya sendiri. Itulah warisan kita.

Fauzi Rachmanto
Presiden TDA
@fauzirachmanto