In Inspirasi,Peluang Usaha,Saran Ahli,Tips & Trick,Tips Bisnis

Kemanakah Trend Evolusi Bisnis ke Depan ?

Teguh Wibawanto

Teguh Wibawanto
Direktur Kerjasama Eksternal TDA

Dunia bisnis terus bergerak, berubah setiap saat. Produk yang dulu di puja-puja menjadi produk usang saat ini, begitu juga produk tren saat ini akan menjadi usang dikemudian hari. Bagaimana memprediksi perubahan masa depan bisnis agar Kita bisa menyelaraskan strategi pengembangan produk dengan perubahan dimasa yang akan datang ?

Menurut salah satu sumber referensi TRIZ (Theory of Inventive Problem Solving) dilihat di www.triz.co.uk ada 8 trend evolusi perubahan sebagai berikut:

1. Increased Ideality
Setiap hari dunia bergerak menuju kondisi ideal, yaitu benefit produk semakin bertambah sementara biaya produk dan kerugian yang tidak diinginkan semakin berkurang. Sebagai contoh produk computer projector semakin lama semakin terang sementara harganya semakin murah dan kerugian (dalam hal ini panas yang dihasilkan) semakin berkurang juga.

2. S-Curves
Pada awal produk baru diluncurkan hanya untuk memastikan sesuai fungsinya, kemudian semakin baik performancnya, semakin efisien, semakin handal dan akhirnya semakin murah.

3. Increasing Dynamic and Controllability
Semakin lama produk yang dihasilkan akan semakin dinamis dan mudah dikendalikan. Contoh baju perang jaman romawi kaku dan berat namun sekarang ringan dan tahan peluru.

4. Matching and Mismaching
Perubahan ini berevolusi secara geometri. Sebagai contoh bola yang dulu bulat seperti bohlam sekarang menjadi compact tube, yang ringkas namun lebih terang.

5. Less Human Involvement
Karena biaya tenaga kerja makin lama makin mahal, maka trend ke depan industri akan memakai robot dan sistem komputer untuk mengurangi tenaga manusia.

6. Non Uniform evolution of part
Perubahan dalam sebuah sistem akan diikuti oleh perubahan subsistem lainnya. Contoh jika nanti mobil listrik akan semakin murah maka makin banyak SPBU yang menyediakan energi listrik juga.

7. Simplicity complexity simplicity
Pertama kali produk diluncurkan biasanya simple, kemudian semakin komplek dengan tuntutan permintaan namun kemudian kembali ke simple namun memiliki benefit lebih.

8. Increasing segmentation & use of field
Ini adalah perubahan dari yang nampak menjadi maya. Misal mesin potong jaman dulu memakai kampak kemudian berubah menjadi mesin gerinda dan berubah menjadi mesin laser. Begitu juga perubahan IT dari mulai dari yang langsung sampai teknologi internet.

Jadi jika kita ingin bisnis tetap eksis dalam jangka panjang, harus selalu mengikuti arus perubahan itu sendiri.

Seperti kata pepatah, tidak ada yang abadi di dunia ini kecuali Tuhan, hukum-hukum alam dan perubahan itu sendiri.

 

Teguh Wibawanto
www.hydro.co.id