In Inspirasi,Peluang Usaha,Saran Ahli,Tips & Trick,Tips Bisnis

Be Humble

adit 3

Aditya Hayu Wicaksono
Direktur Keuangan TDA

Suatu ketika di kesempatan saya presentasi di sebuah hotel berbintang di Kediri, Jawa Timur, kami mempresentasikan pekerjaan yg sedang ditenderkan. kebetulan hotel Grand Surya dimiliki oleh perusahaan rokok terbesar di Indonesia, Gudang Garam. Dari beberapa orang yang perlente di hadapan saya lalu tiba tiba ada seorang wanita muda seumuran saya yang sangat sederhana dengan telepon selular buatan Cina, itupun banyak goresan di beberapa sisinya, menanyakan soal konsep pekerjaan kami dengan bahasa Inggris. Dalam hati saya “siapa sih orang ini?”

Dan setelah presentasi selesai serta sukses, kami sempat mengantarkan wanita tersebut ke sebuah lapangan dan dia menaiki helikopter, pikir saya wah hebat sekali, yg lainnya naik mobil dia naik helikopter dan setelah itu saya dapat informasi kalau wanita itu adalah putri sulung CEO Gudang Garam. Sangat bersahaja, bahkan sayapun tidak mengira dengan kesederhanaanya dia menutupi kemewahan yg dimilikinya. Bersama suaminya yg merupakan anak dari pemilik merk Kapal Api yang juga sangat bersahaja juga, mereka sangat humble dan bahkan mengalahkan orang-orang humble yg saya kenal.

Mentor bisnis saya, Bapak Muhammad Nadjikh, pemilik PT Kelola Mina Laut,yg sempat saya tulis di milis beberapa waktu lalu, dan pernah menjadi pembicara di Pesta Wirausaha di Jakarta 2013 kemarin, adalah orang yg saya kagumi karena kesederhanaan beliau. Sempat tahun 2005 saya ketemu, namun belum seintens saat ini, handphone yg dimilikinya sekarang masih sama ketika 8-9 tahun saya bertemunya. Tidak sengaja saya ke Jakarta bertemu di pesawat Citilink, dan beliau naik di kelas ekonomi. Dan setelah mendarat kami sempat naik taksi bareng ke arah tujuan kami di pusat Jakarta. Padahal beliau adalah pemilik 40 pabrik seafood yang tersebar di seluruh indonesia. Baru baru ini beliau juga mendiversifikasi usahanya di bidang consumer goods, kelapa sawit, properti kawasan industri di Lamongan dan bahkan akan mengakuisisi perusahaan distribusi di USA.

Banyak pengusaha pengusaha besar yg hidupnya sangat sederhana dan begitu humble dan juga lebih banyak memberi serta berkontribusi ke masyarakat untuk membangun ummat yg lebih sejahtera dan tanpa maksud pencitraan apapun itu. Mereka hidup berkecukupan namun seperti padi, semakin menguning semakin menunduk. Perlu dicontoh buat kita pengusaha pemula.

Be hungry, be foolish, and be humble guys.

Aditya Hayu Wicaksono
Direktur Keuangan TDA