In Inspirasi,Peluang Usaha,Saran Ahli,Tips & Trick,Tips Bisnis

Bagaimana Merekrut Seorang Manajer dalam Bisnis ?

Teguh Wibawanto

Teguh Wibawanto
Direktur Kerjasama Eksternal TDA

Ketika seorang pebisnis memulai usaha, jebakan yang pertama terjadi adalah menjadi self employee, semua pekerjaan dilakukannya sendiri dan terjadi berlarut-larut karena belum mampu membangun tim.

Jebakan kedua adalah ketika berhasil membangun tim, tim tersebut sangat terggantung pada kita dan sulit untuk mencari pengganti seorang manajer. Padahal perusahaan akan terus tumbuh ketika berhasil mencetak manajer-manajer yang merupakan value generation bagi bisnis.

Tanggung jawab seperti apa yang harus dipunyai oleh seorang manajer ?

1. Select the team
Seorang manajer harus mampu menseleksi anggota timnya, mendorong, meng-coach dan membina sikap untuk menjadi karyawan yang berkinerja tinggi, serta mengantisipasi kekosongan pekerjaan.

2. Build the team
Fokus kepada bagaimana membangun dan mengembangkan anggota tim agar sukses, melatih karyawan baru sehingga bisa mendaki pada kurva pembelajaran, serta fokus menanamkan budaya perusahaan.

3. Lead the team
Mempengaruhi anggota tim agar percaya dengan tercapainya visi dan mencapai tujuan yang sudah ditetapkan.

4. Manage the team
Bekerja bersama untuk mencapai tujuan dan mengembangkan rencana kerja untuk mencapai goal tersebut disamping harus terus mengukur hasil dari action yang sudah dilakukan, kemudian mensupport kekuatan anggota team dan memperbaiki kelemahannya.

5. Reward the team
Memberikan penghargaan kepada mereka yang komit, bekerja keras dan menghasilkan. Penghargaan harus jelas parameter yang dicapainya.

Kualitas seorang manajer dalam bisnis sangat menentukan masa depan perusahaan, bahkan ada pepatah lebih baik memiliki karyawan biasa yang dipimpin manajer handal andal dari pada punya karyawan handal yang dipimpina manajer standar.

Teguh Wibawanto
www.hydro.co.id