In Inspirasi,Peluang Usaha,Saran Ahli,Tips & Trick,Tips Bisnis

Magic Moment #PWChangedMyLife

Mustofa R1

Mustofa Romdloni

Saya mulai tulisan dengan sebuah pertanyaan, “Ada lima ekor kucing duduk diatas pagar, dan dua diantaranya memutuskan untuk melompat turun, berapa kucing sisanya di atas pagar?”.

Jawabannya adalah, “Masih ada lima ekor kucing di atas pagar.” Karena kucing yang memutuskan melompat, belumlah benar-benar melompat secara fisik, dan baru memutuskan saja. Banyak dari kita memutuskan untuk mengubah hidup, dan ingin menjadi pengusaha sukses. Akan tetapi kenyataannya beberapa, minggu, bulan atau tahun dari keputusan tersebut ternyata tidak ada perubahan hidup yang berarti.

Karena kebanyakan dari kita, sebatas memutuskan dan berhenti dalam tahapan ingin, dan belum bertindak secara fisik dan mental. Melakukan banyak penundaan dari kerja yang semestinya dilakukan, dan berharap hari esok akan mulai dilakukan. Ironisnya adalah, kita akan semakin kehabisan hari esok, padahal kita belum melakukan apa-apa.

Permasalahan utama dari sebuah keputusan yang layu dan berakhir hanya menjadi sebuah keinginan adalah, karena keputusan yang diambil tidaklah benar-benar bulat yang melibatkan faktor emosional, mental, fisik dan spiritual. Seringkali hanyalah berdasar angan-angan, ikut-ikut, coba-coba, atau kepura-puraan untuk menghibur kondisi yang tidak sesuai harapan.

Seseorang bisa saja terdorong dengan kuat untuk mengambil keputusan besar, karena suatu kondisi yang benar-benar menyentuh emosional, mental dan spiritual, sehingga memutuskan untuk bertindak secara fisik dengan hebat.

Sebagai contoh, yang saya kutip dari buku Sederhana tapi Dahsyat, Soichiro Honda yang terlahir dengan tubuh kecil dan penampilan kurang menarik serta minder, karena sering diejek teman-temannya, akhirnya bercita-cita kuat dan bertindak untuk menjadi sosok Napoleon Bonaparte di bidang permesinan. Napoleon, si pendek yang terkenal, yang dapat menguasai dunia barat meski dengan tubuh mungilnya, adalah cerita dari buku yang selalu dia baca, sangat menginspirasi dan benar-benar menggerakkan Honda.

Thomas Watson, yang ingin sekali menjadi orang sukses, suatu waktu keluar dari perusahaan tempat dia bekerja setelah bertengkar dengan bosnya yang juga pemilik perusahaan, John H. Patterson. Watson berkata, “Kini saya akan keluar untuk membuat bisnis yang lebih besar daripada yang pernah didirikan oleh John H. Patterson.” Tekad itulah yang menggerakkan, sehingga IBM berdiri dan menjadi sukses.

Kisah lain yang terjadi pada bulan Maret 1902, adalah Henry Ford yang mengajukan pengunduran dirinya dari Detroit Automobil, dan menyatakan, “Saya mengundurkan diri, dengan tekad untuk tidak akan mau lagi diperintah orang lain.” Keputusan bulat Henry Ford, telah mengantarkannya menjadi salah satu pengusaha mobil terbesar di dunia.

Lantas apa yang bisa dilakukan untuk membuat kita mampu mengambil keputusan bulat, sehingga mendorong tindakan untuk mewujudkannya?, apakah harus menunggu dan mencari-cari peristiwa dramatis yang akan menyentuh sisi kita yang paling dalam?. Ataukah ada cara lain?

Mari kita tengok apa yang telah dilakukan oleh perusahaan asuransi ataupun multi level marketing, perusahaan-perusahaan ini sangat getol melakukan seminar atau pertemuan-pertemuan akbar dan spektakuler, mengumpulkan ribuan agen pemasar ataupun distributor independen dari seluruh wilayah, dalam penataan panggung, acara, serta pembicara-pembicara yang begitu hebat, berkorelasi langsung dan menyentuh hati para peserta.

Hasil dari acara-acara seperti ini adalah, di hasilkannya agen ataupun distributor yang bukan hanya bermimpi besar untuk merubah hidupnya, tetapi yang benar-benar bertindak untuk menjadi hebat, bahkan kita sering melihat semangat mereka seperti orang baru, yang berbeda dibanding yang kita kenal sebelumnya.

Dan hasilnya adalah industri asuransi yang bertumpu pada kinerja para agen ini terus berkembang pesat, dengan perkembangan premi trilyunan pertahun serta mencetak ribuan agen milyarder. Perusahaan multi level marekting juga berkembang dan menghasilkan milyarder-milyarder baru dari kalangan distributor mereka.

Bagaimana dengan kita para calon pengusaha, atau yang telah menjadi pengusaha? Beruntung sekali Komunitas Tangan Di Atas (TDA), rutin menyelenggarakan acara akbar tahunan yang disebut Pesta Wirausaha, termasuk di tahun 2014 ini. Acara dahsyat yang dihadiri ribuan orang, dan menghadirkan komunikasi yang sangat powerfull, karena bukan hanya melibatkan kata-kata, tapi juga emosi, visual atau fisik, dan elemen lain yang bisa menyentuh emosi kita. Kalau menurut para ahli komunikasi, ini adalah cara komunikasi yang menyentuh emosi dan bisa merubah hidup seseorang.

Saya menyesal, meski sudah beberapa kali mendapat informasi mengenai Pesta Wirausaha, akhirnya baru di Pesta Wirausaha 2013 lalu saya bisa hadir meski tidak full. Dan saya takjub dengan suasana panggung, bazaar, semangat yang menggelora dari semua yang hadir di sana. Pembicara-pembicara yang telah hidup dan benar-benar bekerja keras untuk membangun bisnis mereka, hingga ke jenjang yang melebihi impian awal mereka, dan impian saya juga.

Seluruh pengalaman dari mengikuti Pesta Wirausaha tersebut, membuat saya memiliki semangat baru dan memutuskan untuk bertindak, serta bekerja keras untuk membangun bisnis saya menjadi jauh lebih besar, melampaui mimpi saya sebelumnya. Pesta Wirausaha juga membuat saya memutuskan untuk turut aktif dalam kegiatan Komunitas TDA sehingga bisa bersinergi bersama-sama, bagaimana membangun bisnis yang lebih besar, serta menebar rahmat untuk kemajuan anggota komunitas TDA, serta bangsa Indonesia.

Singkatnya saya telah menemukan ‘magic moment’ saat mengikuti Pesta Wirausaha tersebut, ini adalah kejadian seperti yang saya ceritakan diatas, yakni sebuah momen atau peristiwa yang membuat saya mengambil keputusan untuk bertindak secara fisik, karena sisi emosional, mental dan spiritual saya telah tersentuh sehingga bulat mendukung keputusan tersebut.

Banyak teman yang berkisah tentang ‘magic moment’ yang mereka peroleh saat hadir di Pesta Wirausaha, yang akhirnya membuat mereka bertindak dan mengubah hidup mereka.

Bagaimana dengan Anda? Saya tidak bertanya tentang kehadiran Anda di Pesta Wirausaha 2014, tetapi saya hanya sampaikan, bahwa ketika Anda hadir di acara itu, bukalah pikiran dan mata hati Anda, ikuti dan nikmatilah acaranya, nikmati suasananya, turut berteriak, tertawa dan bertepuk tangan, simak pembicara di panggung, satu dua kalimat, atau satu peristiwa kecil yang menyentuh disana. Mungkin akan membuat Anda merinding, atau menitikkan air mata, dan membuat hati bergemuruh dan bersemangat, sehingga Anda memutuskan “Apapun yang terjadi akan saya lakukan, saya pasti bisa !”

Saat itulah kita menemukan ‘magic moment’ yang menjadi mementum untuk memutuskan bertindak, entah memulai mambangun usaha untuk menjadi pengusaha sukses, atau bangkit dari keterpurukan, atau keputusan untuk membangun bisnis yang lebih besar melebihi impian Anda sebelumnya, atau keputusan lain, apapun itu.

Karena memang ada beberapa hal penting yang layak kita perjuangkan bukan? Dan seringkali hal itu bisa terwujud hanya dengan keputusan dan sikap “Apapun yang terjadi akan saya lakukan, saya pasti bisa !”

Sampai jumpa di Pesta Wirausaha 2014, dan Selamat menemukan Magic Moment di sana.

Mustofa Romdloni
MR Corporation
Penulis buku Sederhana Tapi Dahsyat
@tofazenith