In Inspirasi,Peluang Usaha,Saran Ahli,Tips & Trick,Tips Bisnis

Power Bank #PWChangedMyLife

Coach FRPemimpin adalah sumber energi bagi orang-orang di sekitarnya. Tentu saja sumber energi yang positif. Saat anggota tim yang dipimpin mengalami surut energi, maka Sang Pemimpin harus mampu mengisi ulang energi bagi mereka. Tantangannya, sebagai pemimpin kita tidak pernah tahu kapan tim kita akan mengalami defisit energi. Sehingga sebagai Pemimpin kita harus selalu siap setiap saat menjadi sumber energi. Mirip power bank untuk gadget atau ponsel.

Lalu darimana Para Pemimpin memperoleh energinya? Bagaimana jika mereka yang mengalami defisit energi?

Tentu saja bahkan power bank juga memerlukan sumber energi. Ketika sebuah power bank kehabisan energi, maka perlu disambungkan dengan sumber energi yang lebih besar. Demikian juga kita sebagai Pemimpin bagi bisnis yang kita kelola.  Setiap waktu kita perlu selalu terhubung dengan sumber energi yang lebih besar.

Caranya adalah dengan sebanyak mungkin bertemu dengan orang-orang dengan energi positif yang lebih besar. Tentu saja ini tidak mudah. Orang-orang demikian tentu saja memiliki kesibukan dan sulit ditemui.

Demikian dulu yang saya rasakan ketika merasa letih dan kehabisan energi dalam memulai dan membangun usaha saya. Saya sangat menyadari bahwa bertemu dengan orang-orang yang memancarkan energi positif lah yang akan “mengisi ulang” energi saya. Namun, bagaimana mungkin bisa berkumpul dengan mereka dengan mudah. Bahkan saya tidak tahu kemana harus mencari orang-orang yang demikian. Saya bahkan merasa skeptis.

Hingga, pada suatu hari di bulan Januari 2007 saya “iseng” menghadiri pertemuan Milad Pertama sebuah Komunitas Bisnis yang baru saya kenal, Komunitas Tangan Di Atas. Pada pertemuan tersebut saya menemukan orang-orang yang saya cari. Tidak hanya satu atau dua, namun jumlahnya lebih dari seratus orang. Berkumpul bersama mereka seperti mengisi ulang energi saya untuk bisa selalu positif dalam menghadapi setiap tantangan yang saya hadapi.

Tahun demi tahun berlalu, acara yang sama setiap tahun masih rutin digelar oleh Komunitas TDA. Tentu saja jumlah yang hadir bertambah tahun semakin besar. Tahun lalu jumlahnya mencapai lebih dari 4000 orang. Bahkan acara yang kini bernama “Pesta Wirausaha TDA” tahun ini diperkirakan akan dihadiri oleh lebih dari 5000 orang. Ribuan orang yang memiliki luapan energi positif yang akan menular kepada siapapun yang hadir.

Itulah kenapa siapa saja yang hadir akan pulang dengan energi positif yang meluap, yang siap ditularkan kepada siapa saja. Energi yang akan “membakar” kita untuk terus berjuang melampaui segala tantangan kita dan menyambut setiap peluang yang terhampar dihadapan kita.

Demikianlah Pesta Wirausaha TDA telah mengubah hidup saya. Anda siap mengalami hal yang sama?

Fauzi Rachmanto
Presiden TDA
@fauzirachmanto