In Inspirasi,Peluang Usaha,Saran Ahli,Tips & Trick,Tips Bisnis

Kekuatan Identitas Sebagai Pondasi Bisnis

TEGUH apa adanya Training Karyawan Baru HYDRO“Saya adalah pengusaha kecil alias UKM, karena Saya pengusaha kecil maka Saya perlu bantuan dari pemerintah, bimbingan dari pengusaha sukses yang mau menderma dan seminar wirausaha kalo perlu semuanya gratis, ditambah lagi bantuan finansial berupa kredit tanpa angsuran. Karena pengusaha kecil pula maka saya hanya bisa merekrut pegawai rendahan yang digaji pas-pasan, ada yang mau kerja syukur, gak ada yang mau, yaa dikerjakan sendiri aja…”

Mungkin kutipan diatas terlalu berlebihan, tapi mungkin beberapa di antara kita bahkan mungkin Kita sendiri pernah terlintas sebuah prilaku dan tindakan seperti contoh di atas. Semua prilaku dan tindakan selalu didorong oleh keyakinan dan salah satu keyakinan paling kuat yang mempengaruhi hidup manusia adalah keyakinan tentang siapa diri kita yaitu IDENTITAS.

Kekuatan yang paling besar di dalam kepribadian manusia adalah keinginan untuk tetap konsisten dengan Identitas yang Kita percayai untuk diri Kita Sendiri. Identitas yang kita miliki tidak ada yang salah dan tidak ada yang benar, karena Identitas adalah

Pandangan yang kuat tentang diri Kita. Identitas Sendiri dibagi menjadi 2 yaitu :

1. Identitas yang Mendukung

Identitas ini membuat Kita lebih berdaya dalam mencapai kehidupan yang kita inginkan. Contoh Identitas ini adalah : Saya adalah orang semangat, Saya adalah orang bermanfaat, Saya orang Kaya dan selalu Ceria.

2. Identitas yang Menghambat

Identitas ini membuat Kita lebih lemah dalam mencapai kehidupan yang Kita inginkan. Contoh Identitas ini adalah : Saya ini Pengusaha Kecil, Saya orang lemah, Saya kurang pengalaman, Saya seorang pemarah, Saya tidak teliti, Saya bukan siapa-siapa, dll. Hasilnya mari kita bandingkan dengan kutipan ini :

“Saya adalah seorang pengusaha tangguh yang akan menjadi bagian dari sejarah dunia, perusahaan yang Saya bangun akan menjadi salah satu yang terbaik di dunia, karena itu Saya harus belajar dari orang-orang terbaik saat ini meskipun ada harga yang harus dibayar, produk dan jasa yang Saya hasilkan harus sangat berkualitas tinggi sehingga hanya orang yang pantas yang sanggup membelinya, team yang saya bangun harus kuat terdiri dari orang-orang terbaik lulusan perguruan tinggi ternama agar suasana kerja penuh daya, selalu semangat dan ceria mencapai cita-cita yang sudah ditetapkan…”

Seiring waktu berjalan dan dalam jangka waktu panjang, kedua pengusaha yang memiliki identitas lemah akan jauh tertinggal oleh pengusaha yang memiki identitas kuat. Jadi mulai saat ini periksa kembali Identidas Anda. Berprasangka baiklah pada diri sendiri, kalau bukan Kita dulu yang memulai, mau mengharapkan pada siapa? bahkan Allah SWT berfiman dalam sebuah Hadits Qudsi yang artinya : “Aku sesuai
dengan prasangka hamba-Ku kepada diri-Ku”.

Teguh Wibawanto
www.hydro.co.id