In Inspirasi,Peluang Usaha,Saran Ahli,Tips & Trick,Tips Bisnis

Visi Besar dengan Langkah Kecil

Mustofa Rz

Mustofa Romdloni

Artikel ini saya mulai dengan sebuah kalimat inspiratif dari Ralph Waldo Emerson: “Dunia terbuka lebar bagi mereka yang tahu arah yang dituju”.

Pemimpin usaha adalah orang yang paling bertanggung jawab untuk membawa usahanya mau dibawa kemana, yaitu dengan memiliki visi atau cita-cita ataupun impian, sebuah pandangan jangka panjang tentang tujuan  yang ingin dicapai oleh usahanya. Bisa jadi merupakan pandangan dan tujuan jangka panjang yang tidak terlihat dalam penglihatan mata pada awalnya.

Sehingga sumber daya yang ada dapat berupaya bersama untuk mewujudkannya. Ketika sang pemilik memiliki tujuan yang jelas serta semangat yang tinggi untuk membawa usaha mencapai pada tujuan tersebut, maka usahapun akan bergerak mengikuti tujuan itu. Akan tetapi jika pemilik usaha tidak memiliki arah dan tujuan yang jelas tentang usahanya, maka pada satu titik akan berakibat usaha berhenti di tempat, bahkan mengalami kemunduran.

Seperti yang di ungkapkan sebuah kalimat bagus yang pernah saya dengar dari kaset John C Maxwel, “Segala sesuatu berawal dan berakhir pada kepemimpinan”.

Walt Disney yang memiliki visi dalam benaknya bagaimana untuk menjadikan suatu tempat dimana anak-anak serta keluarganya bergembira bersama memasuki dunia yang sama sekali baru bagi mereka. Di dalam dunia baru ini, mereka akan menyaksikan secara nyata tempat-tempat dan tokoh-tokoh yang biasanya hanya mereka dengar dari dongeng.

Akhirnya Walt Disney berhasil menciptakan Disneyland yang sukses dan menyebar bukan hanya di beberapa negara bagian Amerika seperti Florida dan California, tetapi juga ke beberapa kota di negara lain seperti, Paris, Hongkong, Tokyo dan segera menyusul di Shanghai.

Bahkan Bill Gates ketika belum lama ini ditanya tentang faktor penyebab kesuksesan perusahaan lebih dari 30 tahun, maka dia menjawab “Visi kami, yang bahkan tidak berubah dari sejak hari pertama perusahaan didirikan”. Jeff Bezos, sang pendiri Amazon.com mengatakan, “Amazon.com berusaha untuk menjadi tempat tujuan e-commerce, dimana para pelanggan dapat mencari dan menemukan segalanya yang mereka ingin beli secara online”.

Dalam satu kesempatan belakangan ini Chairul Tanjung mengatakan bahwa salah satu ilmu sukses berbisnis yang dapat dia bagikan dari pengalamannya puluhan tahun sebagai pengusaha, adalah berbisnis dengan ‘bersedia membeli masa depan dengan harga sekarang’, dan dia mencontohkan Aqua yang menjadi perintis bisnis air minum dalam kemasan, ketika air putih itu diberikan gratis di warung atau di jalan.

Dan ternyata visi sang pendiri Aqua memang benar, setelah berproses, pada akhirnya Aqua mendulang sukses besar, sehingga saat ini bisnis ini menjadi sangat populer dan telah diramaikan setidaknya oleh puluhan merek di Indonesia. Bahkan karena kuatnya merek Aqua, kebanyakan orang ketika membeli air minum di toko akan menyebut Aqua, meskipun yang dia tunjuk adalah botol dengan merek lain. Visi yang kuat dari Tirto Utomo  juga telah berhasil membawa Aqua sebagai merek air minum dalam kemasan yang terbesar di Asia Pasifik.

CT Corp sendiri, kalau kita telusuri boleh di bilang banyak mengembangkan bisnis dibidang hiburan dan life style yang merupakan kebutuhan yang akan semakin meningkat dimasa depan, seiring terus meningkatnya kemampuan ekonomi dan kemajuan masyarakat Indonesia saat ini.

Sekali visi dibuat, segeralah letakkan dia diujung pandangan, atau gantunglah di tempat yang tinggi dan jangan menjadi puas telah memilikinya. Segera kita eksekusi!, secara bertahap, iya…kita harus selalu melangkah dan terus melangkah kedepan meski hanya dengan langkah kecil. Karena tentu saja lebih mudah menjalani hidup dengan langkah kecil dibanding melakukan dengan langkah besar bukan ?.

Entah mencoba membuka usaha, dan ketika tutup mencoba usaha baru, mendatangi pelanggan, menyebar brosur, berlatih menjual, membuat produk baru, merekrut karyawan, membaca buku baru, mengikuti seminar, membuat website baru, membuat target baru, bersilaturahmi, menemukan kerjasama baru, apapun itu!.

Yuk eksekusi! dengan terus melakukan langkah-langkah kecil setiap hari, sehingga visi besar kita bisa terealisasi, dan bukan hanya menjadi halusinasi!

 

Mustofa Romdloni
Penulis Buku STD : Sederhana Tapi Dhasyat
MR Corporation
@tofazenith