In Inspirasi,Peluang Usaha,Saran Ahli,Tips & Trick,Tips Bisnis

Membangun Bisnis dengan Kebiasaan

MR6

Mustofa Romdloni

Beberapa waktu lalu saya berinisiatif untuk merapikan buku-buku yang tersusun agak sembarangan dalam lemari buku di rumah, kembali mengelompokkan buku berdasar kategorinya, yakni buku bisnis atau entrepreneurship, sales dan marketing, pengembangan diri, agama dan klasifikasi kategori lain-lain.

Beberapa hal yang menarik adalah, melihat buku jadul “Berpikir dan Berjiwa Besar” karya David J Schwartz, buku ini termasuk paling lusuh dibanding buku lain, seingat saya buku ini juga pernah jatuh ke air beberapa kali, lembaran-lembaranya sudah lepas-lepas. Ketika dibuka tiap lembarnya banyak kalimat yang saya stabilo. Kalau tidak salah buku lusuh ini adalah buku yang saya beli yang ketiga dengan judul yang sama. Karena dua buku sebelumnya rusak dan ada yang setelah saya baca saya berikan ke saudara.

Belum lama ini saya melihat buku tersebut di cetak ulang dengan tampilan ulang dan akhirnya saya membeli satu buku dan saya simpan di rak lemari.

Kemudian ketika saya merapikan buku, terbersit untuk mengumpulkan buku dengan pengarang yang sama, dan yang mengejutkan, buku-buku karangan Robert T Kiyosaki adalah yang terbanyak saya miliki, dengan total lebih dari 13 buku, dan sudah saya baca semua, beberapa buku favorit dari Kiyosakai juga sudah tampak lusuh dan penuh dengan stabilo, karena sering saya baca lebih dari sepuluh tahun lalu.

Berpikir dan berjiwa besar adalah buku motivasi dan pengembangan diri untuk menjadi orang sukses, yang pertama kali saya baca sewaktu kuliah dulu. Sedangkan buku The Cash Flow Quadrant karya Kiyosaki adalah buku yang mengubah mind set saya, dari anak muda yang ingin berkarir sampai puncak dalam dunia pegawai profesional alias employee, menjadi anak muda yang bercita-cita sukses di kuadran bisnis dan investor.

Sebegitu kuatnya pengaruh kedua buku tersebut, membuat saya mengubah bukan hanya pola pikir, tetapi juga tindakan nyata dalam hidup sehari-hari. Pola pikir dan tindakan tersebut membuat saya merasa melawan arus dan keluar dari kerumunan dari apa yang dilakukan orang kebanyakan, dan karena saya lakukan dari hari ke hari, maka telah menjadi kebiasaan hidup saya.

Dan belakangan saya seringkali merasa bersyukur telah memilih membaca buku Berpikir dan Berjiwa Besar serta buku-buku Kiyosaki dan berusaha mempraktekannya, sedikit demi sedikit, sehingga meski masih jauh dari bisnis yang sempurna, setidaknya saya kini bisa memiliki bisnis yang bersistem dan insyaAllah terus berkembang. Seandainya waktu itu saya saya habiskan untuk membaca komik-komik Sinchan atau Harry Potter, saya tidak tahu, apa yang akan saya dapat dari kebiasaaan tersebut.

Apakah sesederhana itu untuk bisa menjadi pengusaha sukses ? Hanya dengan memiliki pola pikir yang benar dan melakukan tindakan-tindakan kecil dari hari ke hari dan menjadi kebiasaan ?

Coba kita simak ulasan berikut ini, bahwa salah satu temuan terpenting dalam bidang psikologi dan kesuksesan adalah bahwa 95% dari segala sesuatu yang Anda pikirkan, rasakan, lakukan dan Anda capai merupakan hasil dari kebiasaan.

Banyak orang berharap memperoleh lompatan besar dalam perjalanan hidupnya, tetapi hal itu tak akan menghampirinya, sebelum mereka mengubah tindakan-tindakan kecilnya dalam hidup sehari-hari.

George Washington, presiden pertama di Amerika dan sangat dikagumi, ternyata berasal dari keluarga kelas menengah dan biasa-biasa saja. Dalam kisahnya di saat remaja dia menemukan buku kecil dengan judul The Rules of Civility and Decent Behavior in Company and Conversation, kemudian Washington menyalin ke-110 aturan tersebut, kedalam buku kecil yang selalu dia baca dan praktekkan berulang-ulang dan membentuknya menjadi orang dengan karakter bagus, anggun dan berperilaku baik.

Beberapa hal-hal kecil yang jika kita jadikan kebiasaan bisa membawa kita kearah menjadi pengusaha sukses seperti: kebiasaan membuat goal dan berusaha tetap meraihnya, membaca buku-buku entrepreneurship dan pengembangan diri, kebiasaan sedikit nonton teve, kebiasaan berani mengambil resiko, kebiasaan untuk berhasil harus berusaha dibanding dengan menanti rezeki nomplok turun dari langit, kebiasaan menjual dan meletakkan gengsi, kebiasaan bergaul dan belajar dari pengusaha sukses dll.

Apakah kita sudah membangun kebiasaan untuk menjadi pengusaha sukses dalam kehidupan sehari-hari ? Kalau belum, mari kita coba sama-sama bangun kebiasaan kita. Karena menurut John Dryden, tokoh kenamaan dari Inggris “Pertama kita harus membangun kebiasaan kita, dan kemudian kebiasaan tersebut membangun kita.”

Mustofa Romdloni
MR Corporation
Follow @tofazenith