In Inspirasi,Peluang Usaha,Saran Ahli,Tips & Trick,Tips Bisnis

Menekan Tombol Lift

Tim PW bersama HK

Semenjak diamanatkan mengemban tugas melayani anggota komunitas Tangan Di Atas sebagai Direktur Direktorat Pesta Wirausaha dalam Rakernas bulan September 2014. Maka cukup banyak aktivitas yang saya lakukan dalam rangka menjalankan amanah tersebut, dari pembentukan tim, pencarian lokasi, penentuan tema dan konsep acara, rapat dengan pengurus pusat, rapat tim lengkap maupun tiap divisi, koordinasi Pesta Wirausaha wilayah dan masih banyak lagi.

Akhirnya untuk Pesta Wirausaha Nasional tahun 2015 kami mengambil tema “Indonesia Juara MEA”, dan perhelatan ini insyaAllah akan dilaksanakan pada tanggal 3,4,5 April 2015 menggunakan tiga buah Gedung Sasono, yakni Sasono utomo, Sasono Langen Budoyo, dan Sasono Adiguno di Taman Mini Indonesia Indah.

Pertemuan-pertemuan dengan pihak eksternal untuk mendukung acara sudah terus kami lakukan. Salah satu yang cukup berkesan adalah pertemuan saya bersama tim event dengan Pak Hermawan Kartajaya CEO dan Founder MarkPlus,Inc. untuk meminta masukan dari beliau dan kemungkinan berpartisipasi sebagai pembicara dalam Pesta Wirausaha 2015.

Dengan semangat, beliau ini mengapresiasi dan siap mendukung apa yang dilakukan komunitas Tangan Di Atas. Dengan gamblang beliau bicara tentang MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) ini dan bagaimana cara pelaku usaha UKM terutama untuk menyikapinya. Ternyata beberapa hari sebelumnya Pak Dino Patti Djalal dari pemerintah RI juga baru menyambangi beliau dalam rangka mencari masukan dan bagaimana membuat program pemerintah RI dalam menghadapi era MEA ini.

Kesempatan bertemu begawan marketing yang diakui dunia seperti beliau ini tentu tidak kami sia-siakan untuk menimba ilmu-ilmu terkini dalam dunia bisnis. Tak terasa kami sudah satu setengah jam berbincang-bincang di salah satu ruang meeting markas MarkPlus yang berada di lantai delapan sebuah gedung di bilangan Kota Kasablanca tersebut.

Tibalah waktunya untuk pamitan, ini yang bikin saya WOW… ternyata selesai meeting pak Hermawan dengan semangat mengajak kami berkeliling melihat seluruh fasilitas yang dimiliki Mark Plus dan menjelaskan semua fungsi ruangan, bahkan ketika sebagian ruangan sedang difungsikan, dengan para staff yang tengah bekerja, atau sedang ada acara pelatihan. Beliau menyapa mereka yang beraktifitas dan memperkenalkan kami kepada mereka.

Setelah berkeliling dan menjelaskan secara jelas beragam fasilitas dari berbagai divisi bisnis, termasuk juga ruang kerja pembuatan majalah, radio, perpustakaan, kantin serta ruang forum discussion group yang elit, maka pak Hermawan Kartajaya mengajak sesi foto dengan ciri khasnya beliau. Dan lebih WOW lagi adalah beliau dan staffnya mengantar kami sampai di depan lift dan menekan tombol lift yang akan kami gunakan untuk turun. Seperti halnya stafnya kalau tidak terburu ke toilet, beliau akan terus menemani ngobrol hingga pintu lift terbuka dan kami masuk ke dalamnya diiringi lambaian tangan mereka.

Saya dan teman-teman sampai terheran-heran, seorang begawan marketing yang diakui dunia ini, sebegitu antusias dalam melayani tamu, padahal tamunya adalah kami yang tidak terlihat akan memberi sebuah projek komersial besar. Bahkan hanya untuk meminta waktu dan kesediaan beliau memberi nasihat dan inspirasi untuk acara Pesta Wirausaha yang lebih bersifat berbagi.

Pengalaman menjadi tamu yang begitu dilayani oleh Pak Hermawan Kartajaya, mengingatkan saya pribadi secara telak, bagaimana sifat melayani di perusahaan dan seluruh tim kami masih jauh kualitasnya dan harus tingkatkan, sampai tataran seperti begawan marketing dunia yang mau menekan tombol lift untuk tamunya.

Mustofa Romdloni
Direktur Pesta Wirausaha
MR Corporation
@tofazenith