In Tips & Trick,Tips Bisnis

Bagaimana Cara Mendapatkan Review Bisnis di Media Sosial untuk Pelaku UMKM

ilust artikel review di socmed--Sistem marketing dari mulut ke mulut masih diyakini sebagai cara paling efektif untuk mendapatkan pelanggan baru. Rekomendasi seorang pelanggan kepada keluarga, teman atau tetangganya terhadap produk atau jasa kita sangat besar efeknya untuk mendapatkan pelanggan baru.

Umumnya pelanggan akan merekomendasikan produk atau jasa kita ke orang lain bila yang bersangkutan merasa puas terhadap produk dan pelayanan yang kita berikan. Tetapi bila kita sebagai pelaku usaha hanya berharap si pelanggan merekomendasikan ke orang lain, artinya kita di posisi yang pasif. Maka kita harus memiliki strategi untuk lebih aktif meminta si pelanggan memberikan rekomendasi. Caranya???

Di era media sosial seperti saat ini rekomendasi tidak melulu secara fisik menginformasikan secara langsung kepada orang lain. Tetapi rekomendasi lebih pada review positif yang di-posting di internet seperti media sosial (Facebook, Twitter, Instagram, Path, dll). Dan review seperti ini efeknya luar biasa besar karena bisa diketahui oleh lebih banyak orang tanpa dibatasi waktu dan tempat. Berbeda dengan rekomendasi yang diberikan secara langsung yang efeknya hanya terbatas pada orang disekitarnya, dan pada saat itu saja.

Kembali lagi ke caranya bagaimana untuk mendapatkan rekomendasi atau review dari pelanggan kita?

Yang pertama, kita harus membuat bisnis kita online terlebih dahulu dalam arti kita harus buatkan website atau buatkan akun media sosial (FB page, twitter, dll) bisnis tersebut. Sehingga saat seseorang membuat review terhadap produk atau jasa kita, dia bisa mereferensikan web atau akun media sosial kita.

Yang kedua, ketika ada pelanggan membeli produk atau meggunakan jasa kita, berikan bukti pembayaran dengan mencantumkan URL website atau akun media sosial bisnis kita. Kemudian minta mereka untuk membuat review di media sosial dengan menyebutkan bisnis kita. Berikan diskon, voucher atau insentif lainnya sebagai hadiah bagi pelanggan yang membuat review, ini juga sekaligus untuk membuat mereka kembali membeli produk kita lagi dengan menggunakan diskon atau voucher yang diberikan.

Bagaimana bila ternyata pelanggan tidak memberikan review seperti yang kita harapkan? Saat pelanggan membeli produk atau jasa kita, pastikan kita memiliki data nomer handphone atau pin BBM mereka. Kita harus lebih aktif untuk menanyakan kabar atau sekedar “say hello” melalui SMS atau BBM. Jangan menunggu terlalu lama untuk menanyakan kesan pelanggan terhadap produk kita yang dibelinya. Dan mengingatkan dia untuk membuat review di media sosial. Bila pelanggan tidak memiliki cukup waktu untuk membuat review, kita bisa men-screenshot reviewnya di SMS atau BBM dan posting screenshot  tersebut di akun media sosial bisnis kita atau upload ke website bisnis kita sebagai testimoni dari pelanggan.

Review seorang pelanggan di internet khususnya media sosial bisa menghasilkan viral marketing yang luar biasa efeknya. Bayangkan bila pelanggan yang membuat review tersebut memiliki 100 teman, kemudian teman-temannya me-Like atau me-Retweet, dan begitu seterusnya, berapa ribu orang yang akan mengetahui bisnis kita dari review satu orang pelanggan. Tentu efeknya akan luar biasa bila ada puluhan atau ratusan pelanggan yang membuat review tentang produk atau jasa kita.

Jadi manfaatkan review seorang pelanggan yang puas akan produk dan jasa kita untuk menjadikannya sebuah viral marketing yang efeknya bisa jadi luar biasa besar untuk bisnis kita.

Disadur secara bebas dari: http://www.businessweek.com/articles/2014-07-18/how-to-get-online-reviews-for-your-small-business