In Tips & Trick,Tips Bisnis

16 Tools untuk Meningkatkan Produktivitas Pebisnis

toolsProduktivitas bagi sebagian besar pengusaha adalah sesuatu yang menantang, bahkan terkadang menjadi momok tersendiri untuk mengembangkan bisnisnya. Tetapi sebenarnya bila kita jeli ada banyak software dan aplikasi yang dapat membuat pekerjaan kita sebagai pebisnis menjadi jauh lebih mudah. Tetapi sayangnya dari begitu banyaknya software dan aplikasi tersebut, kita tidak memiliki cukup waktu untuk mempelajarinya.
Oleh karenanya dalam artikel ini kita coba ulas 16 tools atau software & aplikasi yang bisa menjadi referensi untuk meningkatkan produktivitas perusahaan kita:

Manajemen Proyek

1. Asana
Asana (asana.com) adalah sofware manajemen proyek berbasis awan (cloud) yang bisa membantu kita untuk merestrukturisasi setiap “tugas” atau “sub-tugas” dalam sebuah project dan department yang lebih besar.

Dengan software ini kita bisa menentukan tugas-tugas yang berulang untuk diri kita sendiri ataupun untuk tim kita. Jadi Asana akan membantu merestrukturisasi tugas kita, sehingga pekerjaan kita menjadi lebih mudah.

2. Google Docs
Banyak pengusaha yang telah memiiki akun Gmail, tetapi belum banyak yang mengoptimalkan kegunaan dari Google Docs (docs.google.com). Dengan menggunakan Google Docs kita bisa secara cepat men-share dokumen, spreadsheet dan materi presentasi yang dapat di-update kapan saja oleh tim kita selama terkoneksi dengan internet.

Personalia

3. Freelance Marketplace
Odesk, Elance, Freelancer, Sribu.com  adalah contoh freelance marketplace, dimana kita sebagai pengusaha bisa mencari freelancer dari seluruh dunia. Bila kita memerlukan developer website atau penulis content, maka kita tidak perlu merekrut karyawan. Kita cukup menawarkan pekerjaan yang kita inginkan kepada freelancer. Tentunya dengan cara ini kita akan lebih menghemat biaya. Ada jutaan freelancer di marketplace tersebut yang bisa kita pekerjakan untuk proyek yang tentunya disesuaikan dengan budget yang dimiliki.

4. Servis Outsourcing
Bila kita memerlukan banyak freelancer dengan berbagai variasi background keahlian, maka kita bisa menggunakan jasa outsourcing daripada kita harus mencari freelancer satu per satu sesuai keahliannya. Beberapa servis outsourcing freelancer yang bisa kita gunakan diantaranya adalah BoltonRemote.com dan HubStaff.com

Sales & Marketing

5. Google Webmaster Tools
Setiap orang pasti tahu tentang Google Analytics, tetapi apakah kita menggunakan Google Webmaster Tools? Google Webmaster Tools adalah sebuah tools gratis yang sangat penting. Ikuti apa yang disarankan Google Webmaster Tools agar bisnis kita mudah ditemukan di mesin pencari Google.

6. Google Adwords Keywords Planner
Dengan menggunakan Google Adwords Keywors Planner kita bisa melakukan riset tentang kompetitor di bisnis yang kita jalani. Google Adword tidak melulu tentang kita harus beriklan di Google. Google telah menciptakan Keyword Planner Tool untuk melihat kata kunci (keywords) yang paling sering dicari di internet sesuai dengan niche bisnis kita dan sebarapa banyak peluang traffic yang ada .

7. WordPress
Wordpress adalah CMS (Content Management System) yang dapat diinstall di website kita, kemudian disesuaikan dengan kebutuhan dan dioptimize secara berkelanjutan. Pada awalnya mungkin kita memerlukan seorang website developer untuk mensetup website, tetapi setelah template diinstall dan disetup maka kita sebagai pemilik bisa melakukan optimalisasi website sendiri  tanpa harus dibantu oleh ahlinya lagi.

8. Amazon’s Self-Publishing Tools
Untuk mempromosikan keahlian dan bisnis kita ke seluruh dunia, cara yang paling efektif adalah dengan menulis buku. Menerbitkan sebuah buku merupakan salah satu cara mengaktualisasikan keahlian yang dimiliki.

Bagaimana cara menerbitkan buku? Apakah penerbit buku akan mau menerbitkan buku kita? Jangan khawatir di era digital saat ini kita bisa melakukan penerbitan sendiri atau self publishing. Kita bisa menerbitkan buku di Amazon’s Self Publishing. Untuk di Indonesia juga sudah banyak situs-situs self publishing.
Ada 3 fasilitas dari Amazon untuk menerbitkn buku sendiri yaitu Kindle Direct Publishing (kdp.amazon.com) untuk mendapatkan buku dalam bentuk ebook. CreateSpace.com bisa membantu mencetak dalam bentuk buku dan ACX.com yang merupakan divisi penerbitan dalam format audio.

9. HitTail
Kegiatan blogging bisa menjadi kegiatan yang menghabiskan banyak waktu. Dengan bantuan HitTail.com kita bisa menganalisa data dalam akun Google Webmaster Tools untuk membuat rekomendasi long-tail keywords yang bisa menjadi bahan untuk menulis content pada website.

10. Copyscape
Bila kita menggunakan jasa penulis content, maka memastikan tulisan yang kita order itu orisinil menjadi sangat penting. Untuk memastikan tulisan yang kita outsorce tadi orisinil atau tidak bisa dicek dengan mengcopy-paste artikel tersebut di Copyscape.com dan dalam waktu singkat kita bisa mengetahui apakah artikel tersebut orisinil atau tidak.

11. MailChimp
Email marketing yang efektif tidak hanya yang bisa menjangkau banyak orang, alih-alih malah hanya menjadi email spam. MailChimp.com membantu kita untuk membuat newsletter berdasarkan fungsinya. MailChimp memiliki desain yang elegan, template newsletter yang intuitif, memiliki daftar segmentasi yang canggih dan bisa diotomatisasi sesuai keinginan kita.

Manajemen Waktu

12. Iphone Reminders
Penting bagi pengusaha untuk disiplin terhadap waktu. Kita harus mensetting waktu kerja sesuai dengan yang kita targetkan. Untuk menjaga agar kita displin mengikuti jadwal yang sudah kita set, maka Iphone Reminders bisa menjadi aplikasi yang kita gunakan. Iphone Reminders akan berbunyi dan menampilkan Pop-up pada waktu yang telah kita setting. Kemudian kita bisa mematikan bunyi alarm itu atau menandai dengan “Completed”. Kita bisa mensetup Iphone Reminders ini untuk pembayaran pajak, jatuh tempo berlangganan, payroll dan lain-lain.

13. Google Calendar
Kita mungkin sudah membuat agenda pada Google Calendar, tapi hanya sekedar menuliskan kegiatan dan tanggal saja, tidak detail ke jam dan menit. Akan lebih efektif bila kita mengintegrasikan jadwal yang sudah tertulis pada Google Calendar ke Iphone Reminders dengan mensetting hingga ke jam dan menitnya. Sehingga pada saat waktunya tiba alarm dan pop up Iphone Reminders akan mengingatkan kita.

Lain-lain

14. WeTransfer
Anda ingin mengirim data yang besar hingga mencapai 2Gb secara cepat, maka solusinya adalah dengan menggunakan WeTransfer.com

15. Zapier
Pengusaha biasanya menggunakan puluhan software dan aplikasi berbasis cloud. Zapier menghubungkan software dan aplikasi bisnis kita secara online dan membuatnya berdasarkan fungsi masing-masing tanpa harus memiliki API.

Dengan menggunakan tools yang tepat, Kita bisa membuat bisnis menjadi lebih produktif dan efisien.

Sumber: http://www.entrepreneur.com