In Arsip Kabar TDA,KABAR TDA DAERAH

Liputan Workshop Seri#3 TDA Batam ‘Business Funding’

business funding TDA BatamNara Sumber : Gunawan (Direktur PT Dredolf Indonesial & Direktur Pengembangan Kapasitas Anggota TDA Batam)

Acara workshop ini berlangsung sangat meriah pada tanggal 28 Februari 2015 lalu. Acara di awali dengan makan siang dari Ayam Cho yang disediakan oleh Mas Bagus. Ayamnya terasa empuk dan bumbunya meresap sampai kedalam, nikmat sekali.

Sesi acara workshop dimulai dengan Perkenalan singkat dari Pak Gunawan, bagaimana Pak Gunawan memulai bisnisnya dari awal dan karena bidang yang tidak dia kuasai beliau sampai mengalami kerugian lebih dari 1 milyar, tapi kemudian bisa bangkit kembali setelah fokus kepada bidang yang dia ahli didalamnya dan menjadikan perusahaannya menjadi sangat besar seperti sekarang. Yang menjadi pembelajaran bahwa saat akan memulai usaha diusahakan agar sesuai dengan keahlian dan sesuatu yang disenangi agar bisnis dapat cepat berkembang dengan pesat.

Menurut Pak Gunawan. Ada 5 langkah yang dapat dilakukan untuk mendapatkan modal usaha.

  1. Modal sendiri
  2. Mencari dana hibah perusahaan
  3. Menjalin kerjasama
  4. Mencari investor
  5. Mengajukan pinjaman modal udaha ke bank/koperasi

Beliau juga menekankan untuk startup usaha, sebaiknya menggunakan modal sendiri, dan jangan terpancing dengan banyak godaan seperti ingin expansi cepat-cepat, meminjam dana ke bank, padahal kita tidak butuh dana sebanyak itu untuk mengembangkan usaha. Juga ditekankan untuk pengembangan usaha lebih banyak diperuntukkan untuk pembelian raw material (bahan pokok
produksi), hal ini karena raw material ini dapat berputar dengan cepat dan tidak digunakan untuk membeli barang barang mati asset seperti kursi, meja dan lain yang tidak menambah pelanggan secara langsung.

Di workshop ini juga diadakan sesi tanya jawab, masing-masing peserta mengajukan berbagai permasalahannya. Disini terungkap tips dan trik bagaimana agar investor, dalam hal ini bank bisa tertarik dengan bisnis kita. Salah satunya adalah dengan memasukkan semua penerimaan uang kedalam account bank walau pun nanti dananya akan kita tarik semua pada hari yang sama. Bank akan menilai bagaimana performance mutasi rekening bank kita. Legalitas juga diperlukan dalam rangka memajukan usaha.

Diharapkan agar dapat mendaftarkan perusahaan, minimal dalam bentuk CV. Hal ini selain untuk meyakinkan bank juga dapat meyakinkan customer bahwa bisnis yang kita lakukan legal dimata hukum.

Dalam workshop ini juga dipraktikkan bagaimana contoh perjanjian kerja sama antara Pak Deny (PT. Tugu Sinar Sinergi) dengan Pak Bimo sebagai angel investor. Menurut mereka inti dari perjanjian kerjasama itu adalah keterbukaan dan jangan ada yang ditutupi sehingga terbangun kepercayaan.

Summarized by:

Gunadi (www.Gledek.com)