In Arsip Kabar TDA,Kolom Opini

Countdown to PestaWirausaha 2015

Presiden TDAKeluargaku anggota TDA,

Event yang kita tunggu-tunggu pun akhirnya tiba. Pesta Wirausaha Komunitas Tangan Di Atas akan kembali digelar di TMII 3,4,5 April 2015.

Sekalipun Anda semua, mungkin tidak pernah melewatkan setiap event Pesta Wirausaha sejak pertama diselenggarakan, namun Pesta Wirausaha 2015 kali ini memiliki arti penting, lebih dibandingkan Pesta Wirausaha di masa-masa sebelumnya.

Pertama, Pesta Wirausaha 2015 kali ini adalah puncak dari rangkaian kegiatan Pesta Wirausaha yang sudah kita gelar di 15 kota di seluruh Indonesia. Jadi acara pada tanggal 3,4 dan 5 April nanti bukanlah acara yang berdiri sendiri, namun sebuah puncak dari rangkaian kegiatan yang berjalan sejak bulan Desember 2014.

Bagi Anda yang sudah ikut di kegiatan PW Wilayah, tentu banyak pembelajaran yang sudah kita peroleh sepanjang rangkaian kegiatan tersebut, dan Puncak kegiatan di awal April ini akan menyempurnakannya. Dan bagi Anda yang terlewat tidak sempat mengikuti rangkaian Pesta Wirausaha 15 kota, maka ini kesempatan bagi Anda untuk mengejar ketinggalan.

Kedua, Pesta Wirausaha 2015 menjadi penting karena tahun 2015 adalah tahun terakhir menjelang penerapan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) mulai 31 Desember 2015 nanti. Kita semua paham, bahwa MEA mungkin menciptakan peluang, namun sekaligus menghadirkan tantangan buat kita semua, pelaku usaha Indonesia.

Kita semua di Komunitas Tangan Di Atas setuju bahwa kita mungkin akan memasuki era baru yang akan sangat menantang dibandingkan dengan masa-masa sebelumnya. Dan karenanya menjadi penting untuk melakukan perbaikan diri terus menerus.

Kita tidak ingin menjadi Pengusaha yang hanya pandai mengkritisi keadaan, namun kita ingin ikut AKTIF menciptakan keadaan yang lebih baik.

Karenanya Tim Direktorat Pesta Wirausaha TDA sudah menyiapkan rangkaian acara yang sangat diperlukan setiap pengusaha untuk meningkatkan kapasitasnya. Tim Pesta Wirausaha menyadari betul bahwa untuk menjadi Pengusaha tangguh maka seseorang haruslah: siap MENTALnya, paham CARAnya, dan konkret AKSInya.

Maka di PW 2015 Anda tidak hanya akan bertemu dengan para inspirator yang akan menggedor MENTAL Anda, namun juga bertemu para praktisi yang siap berbagi, bagaimana CARA berbisnis yang baik. Dan sekaligus Anda bisa berAKSI konkret, baik dengan bertemu langsung dengan para INVESTOR, ataupun langsung buka lapak ikut ajang EXPO wirausaha di arena Pesta Wirausaha.

Dan Ketiga, Pesta Wirausaha 2015 ini adalah ajang bagi setiap member TDA untuk pulang kembali ke “Rumah Kita”. Seperti kita semua tahu. Kepengurusan Komunitas TDA 2013-2015 mengusung tema sentral untuk menjadikan TDA sebagai “Rumah Bersama Pengusaha”. Kepengurusan ini telah mengupayakan itu semua sepanjang 2013-2015. Dan tidak terasa bulan April ini kami akan meneruskan tongkat estafet kepengurusan kepada Pengurus berikutnya.

Jika di awal kepengurusan Saya mengundang segenap member TDA untuk pulang ke “Rumah Kita”. Maka di penghujung kepengurusan inipun saya ingin sekali lagi mengajak segenap member TDA, baik yang lama, maupun yang baru, di wilayah manapun, untuk kembali ke Rumah Kita.

Tantangan-tantangan di masa mendatang mungkin tidak mudah, namun akan kita hadapi bersama sebagai satu keluarga TDA.

Sampai jumpa di Pesta Wirausaha 2015.

Fauzi Rachmanto
Presiden TDA 3.0