In Arsip Kabar TDA,Kolom Opini

Kolaborasi

collaborationSelasa kemarin saya diundang dalam konferensi pers event Festival Bahari Indonesia (indonesiamaritimfestival.com), yang akan dilaksanakan pada awal 6-9 Agustus 2015 di Bali dan Lombok.

Acara yang akan berkolaborasi juga dengan teman-teman Komunitas TDA untuk penyelenggaraannya ini memang layak diapresiasi. Saya yakin akan luar biasa dengan kolaborasi keren antara Pak Witjaksana selaku pengusaha muda sukses dengan labih dari 20 perusahaan, yang salah satunya di bidang perikanan laut dan mas Dwiki Dharmawan, musisi senior yang akan membawa sentuhan seni dan budaya, pemerintah serta TDA yang siap menampilkan produk dan jasa untuk mendukung dan ikut ambil bagian dalam kemajuan industri maritim Indonesia.

Yang menarik adalah kemampuan perusahaan penyelenggara event, yang juga salah satu anak perusahaan pak Witjaksana dalam mengkolaborasikan sumber daya untuk kesuksesan event dengan biaya milyaran tersebut. Ini adalah tipikal keahlian yang diperlukan pengusaha di jaman sekarang.

Rumah makan sop iga sapi yang hanya menjual sop, jika mau berkolaborasi dengan pedagang gorengan yang hanya berjarak beberapa belas meter darinya, akan lebih seru, karena makan sop iga yang hangat dan segar ditemani gorengan membuat sensasi makan lebih sempurna.

Saya pribadi belum lama ini masuk ke industri perumahan berkolaborasi dengan beberapa teman yang berpengalaman dan saling melengkapi, dari keuangan bahkan sampai ke eksekusi detil. Hasilnya, alhamdulillah perumahan untuk masyarakat berpenghasilan rendah di daerah Karawang, hanya dalam 2-3 minggu dari soft launching sudah lebih dari 65 unit laku dipesan.

Bahkan teman saya berkisah bahwa perusahaan logistik besar tidak harus memiliki gudang dan armada sendiri, tetapi cukup dengan kemampuan membangun sistem untuk mengkolaborasikan pemilik gudang, serta pemilik armada transportasi, untuk melayani pelanggan-pelanggan yang adalah perusahaan-perusahaan besar.

Teman-teman TDA dengan beragam kemampuannya, saya yakin bisa dikolaborasikan untuk saling menguatkan alias bersinergi dalam membangun bisnis. Oleh karena itu membuat data lengkap dan menjadikannya direktori anggota untuk seluruh penghuni rumah TDA menjadi awal yang bisa membuat kolaborasi semakin mudah terwujud.

Nah, yang belum punya ide bisnis, cobalah ide dengan mengkolaborasikan hal-hal dan sumberdaya yang dimiliki oleh banyak pihak.

Jika bisnis teman-teman belum juga wow, mungkin karena belum mengkolaborasikan sumber daya di sekitar kita yang boleh di bilang tidak ada batasnya.

Selamat berkolaborasi.

 

Mustofa Romdloni
Presiden TDA 4.0
mrcorp.co.id