In Arsip Kabar TDA,KABAR TDA DAERAH

Mencari Solusi Dari Ketidakidealan Situasi Usaha Bersama Laksita Utama Suhud

Laksita 2

Sabtu malam, 13 Juni 2015, Café dan Resto Ranah Kopi, Margonda Depok dipenuhi para member TDA Depok. Berkumpulnya para member bukan sekadar menghabiskan malam panjang saja, tetapi berdiskusi.
Diskusi ini diadakan setelah dua orang member yang bergabung dalam grup FB Great Marketing Class mengutarakan masalah yang dihadapi dalam usahanya.

laksita 1Diskusi kali ini fokus membahas masalah yang dihadapi Maya salah satu member club B2B TDA Depok yang berusaha di bidang otomotif. Dalam diskusi, Laksita Utama seorang pakar di bidang marketing mengingatkan bahwa esensi dari sebuah usaha atau bisnis adalah memberi solusi dari permasalahan yang ada di pasar. Kita harus jeli melihat peluang dari masalah yang ada, dan berpikir kreatif untuk bisa bersaing dan memenangkan persaingan di tengah lautan merah.

Beliau memberikan beberapa langkah yang harus ditempuh untuk memenangkan persaingan. Yang pertama mempunyai beberapa produk unggulan yang bisa dijadikan sebagai pilar-pilar pemasukan. Yang kedua dari setiap produk harus dicari serapan pasarnya baik pasar lokal maupun nasional. Kemudian barulah mencari media yang tepat untuk mempromosikan setiap produk yang menjadi pilar penghasilan. Tentunya langkah-langkah tersebut harus didukung oleh SDM yang memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan.

Beliau juga menambahkan untuk membuat target penjualan secara terukur mulai dari hitungan hari, bulan sampai tahun. Dari target penjualan tesebut kita dapat membuat to do list yang mengarahkan kita untuk mencapai target tersebut.

Diskusi lanjutan dari workshop bertajuk “The Great Marketing Road Map” 6 Juni 2015 lalu, yang diadakan klub B2B TDA Depok dihadiri lebih dari 20 orang. Meskipun acara selesai hampir tengah malam, namun nampaknya para member yang datang sangat bersungguh-sungguh untuk belajar. Menurut pengurus klub B2B, diskusi semacam ini akan rutin dilakukan ke depannya. Semoga diskusi ini dapat membantu para member dalam mengembangkan usahanya jauh lebih sukses.

 

liputan/tdadepok/juni2015