In Arsip Kabar TDA,KABAR TDA PUSAT

Novalia Somawidjaya – Profil TDA Perempuan

novalia4Satu lagi perempuan TDA yang perlu diangkat profil usahanya di majalah kesayangan ini karena prestasinya yang patut jadi inspirasi. Siapakah dia? Namanya Novalia Somawidjaya yang akrab dipanggil Lia, pemilik brand NOVALIA. Usaha yang didirikan tahun 2014 ini telah mulai merambah pasar nasional Indonesia. Berpusat di Grand Depok City, Sektor Azalea Blok W8 no.48. Depok. Mari kita simak perjalanan bisnis Novalia lebih jauh.

“Untuk brand NOVALIA, dirintis sejak 2014. Jadi umurnya memang masih sangat muda. Brand ini adalah brand busana muslim dengan konsep eco fashion, yan g mengutamakan kenyamanan pemakai. Dengan tagline: where the geometric  & culture meets, kami berusaha membuat produk busana muslim yang elegan. Sebelumnya,  sejak 2010 saya telah memproduksi pakaian jadi batik beserta kainnya. Batik dikerjakan oleh pengrajin dari Tasikmalaya. Selain batik, saya juga memproduksi baju custom made. Dari sini saya banyak belajar mengenai proses desain dan trend busana sehingga mulai berani untuk membuat ready to wear busana muslim,” jelas Lia tentang awal berdirinya brand NOVALIA.

Jika diperhatikan, keunikan koleksi ready to wear NOVALIA adalah minimalis secara desain dan karakter. Padu padan bentuk geometris dan budaya menjadi identitas brand. Eco Fashion menjadi perhatian utama dalam proses produksi, misal dengan penggunaan bahan-bahan natural seperti tencel, linen dan katun, pemanfaatan kembali (reuse, redesign, recycle) material dan minimalisir penggunaan plastik.

novalia5

Lalu siapa saja golongan pasar yang jadi target penjualannya? Targetnya adalah para wanita kelas middle up aktif yang stylist, simpel dan anggun dengan usia kisaran 25 – 35 tahun. Harga koleksi NOVALIA berkisar antara Rp.400.000 sampai Rp.2 jutaan, sesuai dengan target marketnya.

Saat ini Lia dibantu oleh 5 orang karyawan tetap untuk menjalankan usahanya. Dan produk NOVALIA bisa dijumpai di beberapa titik stockist dan online store berikut:

Stockist:
–    Pasaraya Grande, Jl. Iskandarsyah, Jakarta Selatan
–     Catwalk, Mall Kelapa Gading 5, Jakarta.
–    Adrevi Boutique Mall, Jl. AP. Pettarani No.11D Makasar, Sulawesi Selatan.

Online store:
–    www.novalia.co
–    www.HijUp.com
–     www.Hijabenka.com
–     www.saqina.com
–     www.Zalora.com

Selain itu, Lia juga melakukan pemasaran melalui semua social media seperti:
Instagram: novalia_store dan Novalia_somawidjaya
Fanpage: NOVALIA

Yang membanggakan, Lia sudah cukup sering mengikuti berbagai ajang show dan kompetisi hingga pernah mendapat beberapa apresiasi seperti:
–    Peserta Pavillion Pride of Indonesia, TEI 2014.
–    Pemenang ke-3, Lomba Rancang Busana Muslim (LRBM) 2014, Majalah NOOR.

Diantara kegiatan fashion show dan bisnis yang pernah diikuti:
–    Fashion Parade Indonesia Fashion Week 2013
–    Fashion Show Jakarta Fashion & Food Festifal 2014, tema:  ‘Fashion Loves Earth’
–    Pameran Dagang Pasar Indonesia Mandiri 2012,
–    Katumbiri Expo 1013,
–    Jakarta Fashion & Food Festifal 2014
–    TEI Expo 2014
–    IFW 2012 – 2015
–    Indonesia Muslim Fashion Expo (IMFEx) 2015 di Makasar
novalia3
Nah, bagaimana sih Lia melewati tahap-tahap usahanya hingga meraih capaian seperti sekarang?
“Saya menikmati semua proses bisnis saya, dan saya lakukan dengan prioritas tetap sebagai ibu rumah tangga. Kendala yang utama, saya belum memiliki waktu yang maksimal untuk usaha saya. Kendala lainnya, masalah klasik seperti  masalah SDM dan marketing. Dengan masalah ini, saya merasa perkembangan produk kami agak tersendat. Saya belum bisa mengatakan saya sudah sukses. Saat ini saya menjalani apa yang sudah menjadi proses dalam berusaha dan saya lakukan setapak demi setapak tanpa terburu-buru.  Ini sesuai prinsip selalu berusaha untuk lebih baik, fokus, serius dan konsisten,” pungkas Lia membagikan pengalamannya. (Via)

tdap/juni2015