In Arsip Kabar TDA,KABAR TDA DAERAH

Liputan Rapat Kerja TDA Batam 4.0 Periode 2015 – 2017

Rapat-Kerja-TDA-Batam-4.0-Periode-2015---20173

Rapat Kerja TDA Batam 4.0 periode 2015-2017 baru saja dilaksanakan pada tanggal 16 Agustus yang lalu. Rapat kerja kali ini merupakan konsolidasi kepengurusan TDA Batam yang baru saja terbentuk. Yang sangat membanggakan adalah jumlah pengurus aktif kali jauh lebih banyak dibandingkan kepengurusan sebelumnya. Kalau jumlah pengurus aktif pada periode sebelumnya hanya 10-an orang saja, maka pada kepengurusan TDA Batam 4.0 ini mencapai 30 orang pengurus aktif.

Diharapkan TDA Batam 4.0 dapat menjalankan program-program dalam 2 tahun ke depan untuk meningkatkan bisnis anggotanya dan menularkan virus kewirausahaan kepada masyarakat Batam umumnya.

Raker TDA Batam kali ini mengagendakan beberapa hal yang sangat penting untuk perjalanan TDA Batam dua tahun ke depan:

  1. Penetapan kepengurusan di setiap direktorat dan divisi
  2. Pembenahan database anggota dan profil bisnis anggota TDA Batam
  3. Program edukasi dan peningkatan kapasitas anggota
  4. Pesta Wirausaha Batam

Organisasi TDA Batam 4.0 dengan ketua Gunawan, Founder PT Dredolf Indonesia, terdiri dari 3 Direktorat yaitu:

  1. Direktorat Keanggotaan dan Edukasi dipimpin oleh Bimo Prasetyo, pendiri PT Pandu Usaha.
  2. Direktorat Peningkatan Kapasitas Anggota dipimpin oleh Deny Rifa’i, Direktur PT Tugu Sena Sinergi.
  3. Direktorat Komunikasi dan Kerjasama dipimpin oleh Mukminun, Founder PT Wahana Global.

Pembenahan database anggota dan merapikan sistem registrasi anggota TDA Batam menjadi hal krusial. Karena tanpa data yang akurat menyebabkan jalannya organisasi menjadi kurang terarah. Hal ini sejalan dengan misi TDA yang ingin memberikan recognition atau penghargaan terhadap anggota yang telah mencapai peningkatan level dalam menjalankan bisnisnya. Hal ini juga sangat penting untuk mengetahui secara pasti dan terukur kontribusi TDA Batam atas target TDA untuk menciptakan 10.000 pengusaha milyarder pada tahun 2018.

Program edukasi terhadap anggota TDA Batam masih akan menjadi kegiatan utama untuk meningkatkan kemampuan bisnis anggotanya. Program-program seperti #BelajarDariAhlinya dan #TDACamp akan menjadi program edukasi utama untuk yang baru memulai bisnis dan ingin bergabung menjadi anggota TDA Batam.

Setelah menjadi anggota TDA Batam akan ada program peningkatan kapasitas anggota seperti 8 Seri Workshop Bisnis, Kelompok Mentoring Bisnis yang disesuaikan skala bisnisnya, serta klub-klub bisnis yang disebut dengan Focus Group Discussion (FGD). Saat ini TDA Batam telah memiliki beberapa FGD seperti Klub Kuliner, Klub Fashion, Klub B2B dan Klub Internet Marketing.

Dan program akbar yang dalam waktu dekat akan dilaksanakan oleh TDA Batam adalah Pesta Wirausaha. Pesta Wirausaha Batam sudah ditetapkan akan diselenggarakan pada tanggal 28 – 29 November 2015. Target Pesta Wirausaha Batam nanti adalah expo akan diikuti oleh 200 peserta pameran dari lintas komunitas kewirausahaan di Kota Batam.

Salam,
Wahyudi
Sekretaris TDA Batam 4.0
liputan/tdabatam/agustus2015