In Arsip Kabar TDA

Pencanangan Pelatihan Dasar Komunitas TDA di ‘8 Series Workshop’ (Direktorat EPIK)

3 on Activity LoopDirektorat Edukasi & Peningkatan Kapasitas Anggota (Dir. EPIK) kepengurusan TDA 4.0 telah menetapkan implementasi salah satu dari 3 On yaitu Lesson (belajar) dengan mengadakan 8 Series Workshop di seluruh wilayah. Bulan September 2015 dipilih sebagai waktu yang tepat untuk dimulainya rangkaian pelatihan 8 seri sebagai ilmu dasar dalam membangun dan mengembangkan bisnis. Seusai pelaksanaan TDA Camp wilayah Jabodetabek Cisera dan Jabar kemarin, pencanangan untuk pelaksanaan di tiap-tiap wilayah telah diinformasikan.

Dwi Handaya sebagai Direktur Edukasi dan Peningkatan Kapasitas telah menyampaikan materi-materi dasarnya. Materi tersebut adalah Vision Mission, Leadership, Team, Product, Legal, System, Communication (Sales & Marketing) dan Cash flow. Pengurus pusat akan memfasitasi materi maupun pemateri, baik dari anggota TDA yang telah memiliki kompetensi mumpuni di bidangnya maupun pihak ketiga secara profesional dan bersedia bekerjasama untuk melaksanakan kegiatan ini di seluruh wilayah.

Penetapan dan perumusan visi misi sebuah bisnis adalah landasan awal saat membangun bisnis.  Visi misi akan dijabarkan dalam strategi dan target bisnis, baik jangka pendek, menengah dan panjang. Untuk kepemimpinan sendiri kita diharapkan memahami jenis-jenis kepemimpinan dalam organisasi bisnis. Dari ragamnya, kepemimpinan mana yang pas untuk kita dan sesuai untuk tim dan bisnis kita. Juga apa yang harus dilakukan untuk terus meningkatkan kemampuan leadership (kepemimpinan) kita

Untuk memahami tim yang kita butuhkan, mulai dari rekrutment, penempatan, kompetensi serta mempertahankan tim yang solid adalah pengetahuan yang kita butuhkan sebagai pebisnis. Ilmu segmentasi, pricing (harga) dan target market adalah pemahaman dasar bisnis dari sisi produk guna memenangkan persaingan pasar. Tak kalah pentingnya adalah memahami juga dari sisi legalitas yang diperlukan agar bisnis aman, dilindungi hukum namun tidak melawan hukum. Dari cara mengurus legalitas badan usaha, perlindungan merek, paten, aturan perpajakan, sertifikasi pirt bpom, halal dan sertifikasi lain sesuai industri.

Pengetahuan sistem dari A-Z alur kerja dengan segala kebutuhan personil maupun dokumentasinya. Pun dianggap pentingnya strategi pemasaran dan penjualan, baik offline maupun online, strategi negosiasi maupun branding. Dan tidak kalah pentingnya pemahaman Cash Flow, dari pencatatan/laporan keuangan, pengaturan keuangan (financial literacy) dan beragam.strategi pendanaan agar memiliki sumber cash flow.

Presiden TDA Mustofa Romdloni menghimbau seluruh pengurus wilayah untuk dapat melaksanakan program ini dengan simultan dan terarah. Sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh seluruh anggota TDA di setiap wilayah.

Salam Bertumbuh.

Direktorat Markom TDA 4.0

 

bod/september 2015