In Arsip Kabar TDA

27 Oktober 2015 TDA ‘CEO Talk’ Bersama Hasnul Suhaimi

ceo talkKali ini komunitas TDA di bawah Direktur Pengembangan Wilayah, akan mengadakan sesi rutin setiap bulan sekali menghadirkan CEO dan Mantan CEO untuk sharing di komunitas TDA. Kali ini TDA menghadirkan Mantan Presiden Direktur baru PT Excelcomindo Pratama Tbk. atau XL.

Hasnul merupakan lulusan teknik elektro Institut Teknologi Bandung (ITB) pada 1981. Setelah lulus kuliah, ia bekerja di perusahaan perusahaan Schlumberger. Ketika itu, dunia telekomunikasi di Indonesia belum terlalu berkembang. Operator komunikasi yang muncul pun masih sedikit.

Namun, Hasnul melihat peluang besar di dunia telekomunikasi Indonesia. Hasnul memutuskan pindah ke PT Indosat pada 1983. Ia juga sempat menjadi salah satu jajaran direksi PT. IM3 dan PT. Telkomsel ketika masih di Indosat, salah satunya dengan menjabat sebagai Presdir PT Indosat Multi Media Mobile pada kurun 2001-2002.

Hasnul mengawali kariernya di PT Indosat sebagai staf perencanaan. Ketika bekerja di sana, Hasnul mendapat kesempatan untuk melanjukan studi MBA dari Universitas Hawaii, Manoa, Amerika Serikat (lulus 1992). Setelah itu, kariernya semakin meningkat. Jabatan puncak yang diraihnya yaitu menjadi Direktur Utama PT. Indosat pada tahun 2005 hingga 2006

Sejak memimpin (2006), Hasnul telah membuat transformasi yang signifikan di perusahaan XL. Ia mengembangkan strategi baru untuk memperkuat jaringan XL, pemasaran dan konsolidasi internal perusahaan. Strategi inilah yang menghasilkan layanan bertarif rendah sehingga meningkatkan pangsa pasar, pendapatan dan marjin keuntungan perusahaan.

Pada Desember 2009, Hasnul mendapatkan penghargaan sebagai CEO Idaman versi Majalah Warta Ekonomi. Penilaian ini berdasarkan survey atas beberapa CEO yang dinilai mampu membawa perusahaannya menjadi lebih maju, memiliki citra yang baik, cerdas, memiliki strategi bisnis yang tajam, dan piawai mengelola perusahaan, serta memiliki jiwa kepemimpinan yang kuat.

Pada April 2015, Hasnul memasuki masa pensiun dan mengakhiri masa jabatannya selaku Presiden Direktur XL.

Event ini khusus member TDA yang sudah teregistrasi.

event/tdapusat/oktober2015