In Arsip Pesta Wirausaha

28 – 29 November 2015 Pesta Wirausaha Batam (Siaran Pers) – TDA Batam

PW Batam“Menjadi Raja di Pasar Bebas ASEAN” adalah tema yang diangkat dalam kegiatan PESTA WIRAUSAHA BATAM 2015. Pada tahun ini TDA tidak bersolo karir namun bekerjasama dengan Bank Indonesia (BI) dalam menyelenggarakan kegiatan PESTA WIRAUSAHA BATAM 2015 yang merupakan kegiatan rutin tahunan. Bank Indonesia merupakan lembaga negara yang cukup konsen terhadap perkembangan wirausaha di Indonesia.

Sejak tahun 2012, BI menyelenggarakan kegiatan pengembangan wirausaha melalui program Wirausaha Bank Indonesia atau yang dikenal dengan WUBI. Di Batam, WUBI telah terbentuk dan berkembang sejak tahun 2013 hingga saat ini. TDA yang merupakan komunitas wirausaha terbesar di Indonesia dan bervisi membentuk pengusaha-pengusaha tangguh dan sukses yang memiliki kontribusi positif bagi peradaban, sangat tepat berkolaborasi dengan BI untuk mensukseskan PESTA WIRAUSAHA BATAM 2015 2015.

PESTA WIRAUSAHA BATAM 2015 ini akan diselenggarakan pada 28 s/d 29 November 2015 di Dataran Engku Putri, Batam Center. Sekitar 200 tenan dari berbagai bidang usaha yaitu Kuliner, Fashion, Tourism, Property, Farmasi, Otomotif, IT, dan Business to Business akan memenuhi lapangan alun-alun. PESTA WIRAUSAHA BATAM 2015 yang digelar ke-3 kalinya di Batam ini, akan menjadi pameran/expo yang unik dan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Mega Tumpeng yaitu Tumpeng terbesar di Indonesia akan dibuat dan disusun selama expo/pameran berlangsung tepatnya pada 28 November 2015 pada pukul 08.00 WIB – 15.00 WIB.

Tumpeng Raksasa setinggi 3.3 meter yang akan menyajikan lebih dari 20 macam produk pelaku usaha kuliner anggota TDA Batam ini, akan menjadi simbolis peresmian pembukaan PESTA WIRAUSAHA BATAM 2015. Diharapkan, Mega Tumpeng ini akan menyedot perhatian dan melibatkan Tim MURI untuk membuktikan bahwa tumpeng yang disusun merupakan tumpeng terbesar di Indonesia.

PESTA WIRAUSAHA BATAM 2015 yang  menjadi tempat interaksi antar warga Kota Batam akan dibalut dengan era digital melalui penerapan less cash society. Sudah jamannya para wirausaha untuk melek teknologi, oleh karena itu PESTA WIRAUSAHA BATAM 2015 kali ini akan menggunakan instrumen non tunai. Transaksi antara pembeli dan penjual selama expo berlangsung tidak diperbolehkan menggunakan uang tunai atau cash, tetapi diwajibkan untuk menggunakan instrumen non tunai.

Less Cash Society di kawasan Pesta Wirasaha merupakan salah satu bentuk sosialisasi program yang dicanangkan BI yaitu “Gerakan Nasional Non Tunai” atau GNNT.  Kenapa harus non tunai? Karena transaksi tunai itu mahal untuk memindahkannya, menyimpannya, mengamankannya, mengawasinya, memproduksinya, meredesainnya, dan mahal juga untuk kita bawa ke mana-mana, bahkan dapat mengotori tangan kita karena banyak kuman.

Sementara penggunaan instrumen non tunai memiliki banyak manfaat, yaitu konsumen tidak perlu repot membawa uang banyak-banyak, cukup satu kartu atau media lainnya dapat menampung uang dalam jumlah banyak, setiap transaksi akan tercatat sehingga lebih transparan yang dapat meminimalisasi kemungkinan timbulnya tindakan pidana pencucian uang dan korupsi, dan transaksi akan lebih nyaman dan cepat.  Bank Indonesia mencanangkan Gerakan Nasional Non Tunai demi kemajuan perekonomian suatu Bangsa, karena manajemen keuangan akan lebih efisien, transparan, dan akuntabel dengan menggunakan alat pembayaran non tunai.

Penerapan less cash society pada PESTA WIRAUSAHA BATAM 2015 ini akan melibatkan 5 perbankan diantaranya BRI, BNI, Mandiri, CIMB Niaga, dan BCA. Para perbankan inilah yang akan menyiapkan infrastruktur non tunai di kegiatan PESTA WIRAUSAHA BATAM 2015 melalui produk-produknya. Para pembeli atau masyarakat yang berkunjung tidak perlu khawatir akan mekanisme non tunai selama pameran berlangsung, panitia akan menyiapkan flowchart di expo mengenai mekanisme non tunai di area pameran/expo. Tim perbankan akan ikut membantu menjelaskan dan mengedukasi mekaniseme non tunai tersebut kepada masyarakat.

Selama kegiatan expo/pameran di Engku Putri berlangsung, diselenggarakan juga seminar wirausaha untuk meningkatkan kapasitas pelaku usaha di Batam khususnya kalangan UMKM. Seminar tersebut akan berlangsung di Gedung Serbaguna, Lantai-3 Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Riau selama 2 (dua) hari pada 28 s/d 29 November 2015.

Tujuan utama dari seminar ini antara lain meningkatkan knowledge business para wirausaha tingkat UMKM. Tema yang diangkat pada seminar tersebut adalah “Menjadi Raja di Pasar Bebas ASEAN”. Gusti Raizal Eka Putra selaku Kepala BI Perwakilan Kepri akan menyampaikan keynote speech, dilanjutkan oleh Saptuari SUgiharto, pemilik Kedai Digital, kaos Jogist, Bakso Granatz Pedaz dan juga penggagas gerakan SedekahRombongan.
Berikutnya di sesi hari Sabtu, akan tampil Dewa Eka Prayoga, CEO Billionaire Corp yang dikenal sebagai “Dewa Selling” karena kemahirannya dalam berjualan online. Hari Minggu pagi akan diawali dengan sesi oleh Jhon Sulistiawan, Komisaris PT Batamindo Investment Cakrawala, dilanjutkan ke sesi ke-2 Mustofa Romdloni, Presiden TDA 4.0 yang juga CEO MR Corp akan tampil menjadi pembicara. Sesi ke-3 adalah pendiri Bukalapak yaitu Achmad Zaky. Sesi terakhir adalah sosialisasi TDA Mart yang akan disampaikan oleh Ade Wahyudi, Direktur Program Khusus TDA 4.0 yang juga pemilik Naylakidz.com.

PESTA WIRAUSAHA BATAM 2015 ini juga diramaikan oleh beragam sub kegiatan lainnya di Dataran Engku Putri, antara lain lomba menggambar dan mewarnai bagi anak-anak TK dan SD yang akan diselenggarakan atas kerjasama dengan Alfamart pada 28 November 2015 pukul 15.30, Perform Hijabers oleh Hijabers Mom pada 28 November 2015 pukul 13.00, Magic Show pada 28 November 2015 pukul 14.00 WIB,  Lelang Stress oleh Komunitas FJB yang akan diselenggarakan pada 29 November 2015 pukul 08.00 WIB, dan Komunitas LDK – Glagapan Challenge yaitu lomba makan makanan pedas dengan peserta sebanyak 20 orang yang akan dilaksanakan pada 29 November 2015 pukul 09.00 WIB, seta berbagai performence lainnya dari 16 komunitas yang turut memeriahkan Kegiatan PESTA WIRAUSAHA BATAM 2015, yaitu Komunitas Magicians Batam, Komunitas Batam Djadoel Lovers,Komunitas FJB, Komunitas Wajah Batam, Komunitas Kuliner @Batam, Komunitas SAT-B Shooting Club (Soft Gun), Komunitas Tabungan Akhirat, Komunitas Wirausaha Muda Batam, Komunitas Mata Ponsel, Batamindo Fotograpi Club, Komunitas Numismatis.

Selain kegiatan ekonomi dan hiburan, tahun ini PESTA WIRAUSAHA BATAM 2015 juga memiliki kegiatan kesehatan melalui senam zumba bersama pada minggu 29 November 2015 pukul 06.00 WIB, serta kegiatan sosial peduli sesama, yaitu Donor Darah yang diinisasi oleh Bank Indonesia pada Minggu, 29 November 2015 mulai pukul 08.00 WIB hingga 14.00 WIB, dengan target peserta sebanyak 250 orang.

Sudah saatnya jiwa Social Entrepreneur ditanamkan pada setiap pelaku bisnis di Batam. Jadi, tunggu apalagi? yuk berbondong-bondong ke Engku Putri menikmati hingar bingarnya PESTA WIRAUSAHA BATAM 2015. Dijamin weekend minggu ini di Batam akan asyik dan seru.

Informasi lebih lengkap dapat diperoleh dari Panitia melalui nomor 0812-1751-9430 (Navita) dan 0813-6426-7957 (Roesita).

Sampai jumpa di PESTA WIRAUSAHA BATAM 2015.

event/pwbatam/november2015