In Tips Bisnis

Mengapa Bootstrap Berpotensi Membuatmu Lebih Tangguh Dalam Berbisnis ?

BootstrapApakah kamu pernah mendengar istilah bootstrap? Bukan, bukan, bukan bagian dari sepatu boot itu yang saat ini akan kami bahas. Tapi, bootstrap yang merupakan istilah dalam startup.

Definisi bootstrap adalah, sebuah kondisi di mana seorang entrepreneur mendirikan bisnisnya dengan modal yang tidak banyak. Nah, kalau kamu mendirikan perusahaan dengan menggunakan modal dari uang pribadi kamu atau dari pemasukan perusahaan, itu berarti kamu sedang bootstrapping.

Buat kamu yang sedang berencana mendirikan startup dengan cara bootstrap, ini dia beberapa hal berharga yang bisa kamu temui saat melakukan bootstrap.
Belajar lebih bijak

Mendirikan startup dengan cara bootstrap membuat kamu dapat lebih bijak dalam berbagai hal. Yang pertama, memilih co-founder. Ini, bisa jadi lebih sulit dari memilih pasangan hidup. Co-founder yang baik harus dapat melengkapi kekurangan kamu, mengimbangi kamu, dan membuat kamu nyaman (dalam bekerja). Pilihan co-founder yang tepat dapat menyelamatkan masa depan startup kamu, lo.

Selain itu, kamu juga akan menjadi lebih bijak dalam mengatur pengeluaran. Kamu harus tahu mana yang dapat menambah value pada bisnis maupun produk kamu, mana yang tidak, dan anggaran mana yang perlu kamu prioritaskan. Jadi, kamu masih bisa “bernafas” dengan modal yang ada.
Waktunya kamu latihan mandiri

Tahan dulu keinginan merekrut karyawan kalau masih dapat kamu kerjakan sendiri. Ini juga bisa jadi waktunya kamu belajar sendiri berbagai hal baru. Misalnya, kamu bukan tipe orang yang aktif di media sosial. Tapi, karena kamu harus mempromosikan startup kamu, maka kamu jadi belajar strategi marketing melalui media sosial, mencari tahu konten seperti apa yang disukai pengguna media sosial Indonesia, dan banyak lagi.
Melatih kamu untuk lebih gigih

Menjalankan startup, apalagi dalam keadaan bootstrap, mungkin akan banyak orang yang memandang kecil startup kamu. Jangan berkecil hati, di sini kamu sedang dilatih untuk lebih gigih lagi dalam berusaha untuk membuat startup kamu lebih berkembang lagi. Karena, sebuah startup tidak akan dapat berkembang kalau diasuh oleh founder atau co-founder yang mudah menyerah.

Bootstrapping memang tidak mudah. Tapi, justru tantangan yang kamu hadapi itu yang nantinya akan meningkatkan kualitasmu dan startup kamu.

Sumber : id.techinasia.com

tipsbisnis/januari 2016