In Tips & Trick,Tips Bisnis

Apa Penyebab Terbesar Kegagalan Entrepreneur ?

Pernah mendengar pernyataan bahwa 90% dari startup gagal? Tidak semua orang berhasil menjadi seorang entrepreneur. Apa sebenarnya yang membedakan antara yang berhasil dan yang tidak? Masalahnya mungkin terletak pada dirimu. Berikut beberapa poin yang dapat menjelaskan alasannya seperti yang ditulis di Entrepreneur.com.

Kamu takut

Ketakutan dapat menahanmu secara signifikan bahkan tanpa kamu menyadarinya. Beberapa orang tidak mau mengakui fakta bahwa mereka takut untuk menghadapi kekurangannya, dan tidak ingin merasa malu karena itu. Beberapa orang lainnya mungkin takut untuk sukses karena mereka tidak merasa bahwa mereka pantas mendapatkannya. Beberapa lagi takut untuk gagal, maka mereka menghindari resiko yang seharusnya mereka hadapi. Hal pertama yang perlu kamu lakukan untuk lepas dari rasa takut adalah mengakui bahwa kamu merasakan dan memilikinya. Rasakan ketakutan itu, namun tetaplah lakukan apa yang ingin kamu lakukan.

Kamu tidak tahu cara untuk melepaskan beberapa hal

Entrepreneur yang baru memulai usahanya memiliki kecenderungan untuk mengerjakan semuanya sendiri. Ketidakinginan untuk dibantu oleh orang lain akan menghalangi kalian untuk membawa bisnis kalian ke level selanjutnya dan mencapai sukses. Kamu mungkin berpikir bahwa itu adalah cara satu-satunya untuk memastikan semua hal dilakukan dengan tepat. Apabila kamu bisa belajar untuk melepaskan keinginan untuk selalu in control dengan membangun tim yang berbakat dan mendelegasikan beberapa pekerjaan kepada mereka, kamu dapat sangat diuntungkan dalam jangka panjang.
Kurang gigih

Kemunduran, kegagalan sementara, ketidakpastian, bahkan bisnis yang tidak berhasil adalah bagian dari menjadi seorang entrepreneur. Hanya individu yang bisa terus bangkit lagi dan lagi yang akan meraih keberhasilan. Bahkan orang-orang terbaik pernah mengalami kegagalan, tetapi belajarlah dari kesalahan dan jadikan kegagalan sebagai salah satu gurumu. Terkadang dibutuhkan penolakan berulang atau usaha yang terus-menerus untuk sampai ke titik yang kamu inginkan.

Kamu berhenti berinvestasi pada dirimu sendiri

Apabila kamu hanya mengedukasi diri dengan sekolah formal, kamu merugikan dirimu sendiri. Pekerjaan-pekerjaan masa depan tidak diajarkan di sekolah; bahkan mereka belum diciptakan. Cobalah untuk berinvestasi pada dirimu seakan dirimu adalah sebuah bisnis, baik dengan kursus, pelatihan dan training. Kamu akan mengalami kesuksesan yang lebih besar, tidak hanya pada bisnismu namun pada seluruh aspek dalam hidup.

Hal yang kamu lakukan kurang tepat

Adalah lebih baik untuk melakukan hal yang tepat, daripada melakukan banyak hal. Banyak dari kita yang merasa terlalu sibuk bahkan untuk makan dengan benar sekali dalam sehari, atau untuk berhenti sejenak dan berpikir tentang masa depan. Hal yang kamu tunda untuk lakukan sering kali adalah hal paling penting yang seharusnya bisa kamu lakukan. Kerjakan dahulu hal yang paling berharga pada pagi hari sebelum melakukan hal lainnya, dan kamu akan mengalami perkembangan dalam beberapa minggu daripada yang biasanya kamu capai dalam setahun.

Kamu bukan seorang finisher

Apabila kamu memiliki pola semangat yang tinggi pada saat memulai suatu proyek atau bisnis selama beberapa bulan kemudian menyerah kemudian beralih ke proyek lainnya, kamu mungkin memiliki masalah dalam menyelesaikan sesuatu. Hanya dengan kegigihanlah kamu bisa menghadapi limit pribadimu dan mendapatkan momentum yang cukup untuk mendapatkan apapun yang berharga untuk bekerja. Penting untuk tahu kapan harus melepaskan percobaan yang gagal, namun jangan menyerah hanya karena kamu belum menjadi miliuner dalam tiga bulan proyekmu berjalan.

Sudah siap untuk mengubah kegagalanmu menjadi kesuksesan? Ingatlah bahwa apabila kamu terus belajar dari kesalahanmu, kamu sudah selangkah lebih maju untuk menuju kesuksesan.

(Sumber: Entrepreneur.com)

tipsbisnis/feb2016