In Arsip Kabar TDA,KABAR TDA DAERAH,Uncategorized

Liputan Fashion Club ‘Kupas Tuntas Program Reseller ala Brand Jaskoko’ – TDA Depok Forum

jaskoko

FASHION CLUB TDA DEPOK – 19 Oktober 2016

Ngobras Oktober: Kupas Tuntas Program Reseller ala Brand Jaskoko

Alhamdulillah, tepat hari Rabu tanggal 19 oktober 2016, Fashion Club TDA Depok sukses mengadakan Ngobras (Ngobrol Santai) yang merupakan pertemuan bulanan Fashion Club TDA Depok dengan para member. Ngobras kali ini adalah sebuah workshop yang membahas tentang bagaimana membentuk, mengelola dan mengembangkan sistem reseller yang memang saat ini sangat dibutuhkan oleh member Fashion Club TDA Depok. Untuk mendapatkan ilmu tersebut, kami mengundang pemilik merk Jaskoko, Mas Yayat untuk berbagi sedikit ilmu tentang cara Jaskoko dan team mengelola sistem resellernya.

Antusiasme dari member sangat tinggi, bahkan yang lebih menggembirakan, antusiasme peserta non member pun sangat tinggi untuk dapat hadir mengikuti workshop ini. Awalnya kami membatasi peserta sekitar 15 orang. Tapi dikarenakan antusiasme para peserta, akhirnya peserta membludak sampai 40 orang. Kursi peserta terisi penuh bahkan akhirnya lesehan pun dilaksanakan. Dengan biaya workshop gratis untuk member dan Rp. 50.000,- untuk non member.

Acara dimulai pukul 13.30 WIB, diawali dengan pengenalan dari Mas Yayat sebagai owner Jaskoko yang sukses membangun bisnis fashionnya dengan sistem reseller. Beliau pun bersemangat untuk membagikan ilmu-ilmu hebatnya kepada peserta workshop.
Break pukul 15.00 sampai pukul 15.30 dilanjutkan dengan sesi ke 2, tentang mengelola reseller ala Jaskoko. Mas Yayat membebaskan para peserta untuk bertanya di tengah-tengah workshop sehingga terjadi dialog yang menarik dan spontan.

Mas Yayat memulai bisnis tahun 2008. Memulai bisnis bukan dengan Jaskokonya, tapi beberapa produk lainnya. Hanya saja 2 tahun terakhir ini mas Yayat fokus di usaha Jaskoko yang melesat dengan sistem resellernya.

Gratiskan di awal untuk reseller

Jaskoko mengawali sistem ke-reseller-an dengan memberikan syarat gratis untuk calon-calon resellernya. Dikumpulkan misal 20 orang dalam satu grup. Identifikasi anggota member dari mulai siapa yang pernah berjualan, kemudian diajarkan cara berjualannya Jaskoko dari awal. Bagi Jaskoko, sistem reseller ini meminimalisir biaya iklan, karena produknya otomatis akan diiklankan oleh para resellernya.

Seleksi Alam

Dari 20 orang yang ada, bisa jadi yang aktif dan jago jualan misal sekitar 5 orang. Itu sudah hal yang biasa, terjadinya seleksi alam dalam sebuah sistem reseller. Kemudian masukan grup baru untuk yang 5 orang itu untuk dibina lebih lanjut ditingkat selanjutnya. Berikan target dan reward untuk mereka yang masuk dalam target. Di Jaskoko ketika ada reseller yang bisa menjualkan 10 pcs sehari maka ada tambahan reward cash back Rp. 100.000,- setiap harinya.

Member Get Member

Sistem reseller Jaskoko akhirnya menerapkan juga member get member untuk memperluas jangkauan pasarnya. Setiap reseller boleh membuka system ke-reseller-an di bawah. Dengan komisi yang sama diberikan oleh pusat. Atau membebaskan system kepada resellernya, dengan pendaftaran reseller via pusat. Sehingga akan terdeteksi reseller mana yang sudah memiliki reseller lagi dibawahnya.

Gathering

Rencanakan gathering rutinan untuk para reseller kita. Selain mempererat silaturahim, di dalam gathering reseller bisa saling bersinergi satu sama lain untuk saling mendukung. Bisa dijadikan sebagai ajang kopdar untuk reseller dari seluruh Indonesia. Selain itu, dalam setiap gathering pusat selalu memberikan arahan tentang sales sehingga sekaligus mensosialisasikan target penjualan yang harus dicapai yang diberikan oleh pusat. Dan pada akhirnya agar semakin meningkatkan kesejahteraan bagi para resellernya.

Komisi Bulanan dan Reward Umroh

Jaskoko membuat sistem komisi yang dapat ditarik setiap bulannya, tidak diberikan secara harian. Sehingga bagi reseller/member yang bergabung tanpa dana di awal, akan terasa banyak manfaat ketika setiap bulannya mereka mendapatakan komisi (gajian) sampai berjuta-juta lebih.

Tahun ini, Jaskoko menerapkan reward umroh untuk para resellernya. Dengan pantauan hitungan penjualan selama dua tahun. Ini membuat para reseller juga bersemangat untuk loyal pada produk Jaskoko.

Penalty

Kata siapa Jaskoko tidak menerapkan penalty pada reseller-reseller yang melanggar atau tidak mengikuti ketentuan pusat? Jelas Jaskoko menerapkan penalty pada reseller-reseller yang selama dua bulan berturut-turut tidak aktif sama sekali. Sebelum dilakukan penalty tim Jaskoko melakukan dialog antara reseller dengan pusat. Jaskoko pun menerapkan penalty pada sistem returnya. Sebagai bentuk disiplin untuk para resellernya meminimalisir retur-retur yang tidak signifikan.

Sistem reseller yang digunakan Jaskoko masih terus berkembang dan terus melakukan perbaikan di dalamnya. Karena sistem reseller yang digunakan oleh setiap produsen belum tentu sama dengan produsen lainnya. Tergantung seberapa efektif penerapan sistem tersebut pada perusahaan kita.

Antusiasme peserta semakin lama semakin bertambah di workshop tersebut dengan terlihat dibanjirinya Mas Yayat Jaskoko dengan pertanyaan-pertanyaan hebat dari peserta yang mayoritas perempuan.

Selama acara berlangsung, peserta mengikuti give away dengan berhadiahkan produk Jaskoko. Peserta diminta membuat testimoni tentang acara workshop kemudian diposting di facebook dengan meng-tag akun Mas Yayat. Komentar atau ulasan yang terbaik pada acara workshop, dipilih acak oleh mas Yayat dan tim. Dan akhirnya yang beruntung pemenangnya adalah mba Esthi peserta yang datang dari Bintaro. Mendapatkan 1 buah Jaskoko eksklusife dari Mas Yayat. Diakhir acara, tak lupa peserta berfoto bersama dengan Mas Yayat.

Sampai ketemu di acara Fashion Club TDA Depok selanjutnya.