In Arsip Kabar TDA,Uncategorized

Scale Up Spirit to Fitri – Sambutan Presiden Komunitas Tangan Di Atas (TDA) 5.0 – Idul Fitri 1438 Hijriyah 

Allahuakbar! Allahuakbar! Allahuakbar! 
Bersama, kita mengalunkan kebesaran Allah dalam lisan serempak dengan dentuman dalam hati. 

Ini adalah lebaran pertama Saya selaku Pelayan Presiden 5.0 Komunitas Tangan Di Atas, Komunitas Wirausaha Terbesar di Indonesia. Perasaan antusias untuk menjadi bagian pendorong pelipatgandaan dampak dan kemanfaatan dari komunitas yang tersebar di 61 kota, 5 negara, dan lebih dari puluhan ribu anggota terdaftar.

Baru dilantik di Hari Jumat Berkah, 2 Juni 2017, dalam Serah Terima Amanah alias SerTiNah sederhana dalam balutan nuansa ramadhan, Saya langsung gaet seret satu demi satu nama untuk Saya libatkan dalam wakaf waktu Tenaga dan Pikiran, menjadi pelayan dalam Board of Directors (BOD) TDA 5.0.

Saya tidak mau setengah-setengah. Saya tetapkan standar tinggi dalam penentuan BOD. Saya rangkul dan raih nama-nama terbaik dengan kapasitas atas. Saya tidak grogi dengan kompensasi, karena Saya yakin, nama-nama di BOD adalah para TDA sejati, yang mengalir deras di darahnya, hakikat pengabdian dan arti kata melayani di dalam konteks komunitas ini. Pembahasannya bukan cuma duniawi, Kita bawa tema ukhrowi, dan Saya niatkan memasukkan dalam barisan, orang-orang yang sudah selesai dengan dirinya, dan siap menjadi batu pijakan kesuksesan bagi segenap anggota TDA Lainnya. 

Momentum Ramadhan makin memberikan efek dramatisasi dalam heroisme pengabdian ini. Bukannya melemah dan melambat, Saya takjub dengan gegap dan gregetnya para BOD dalam memulai kinerja. Dalam kondisi puasa, persneling 1,2,3,4, seperti berpindah dalam sekejap. Kurang dari sebulan berkoordinasi, dan kebanyakan melalui kanal semesta maya, kini para BOD sudah dalam mode persneling 5. Melaju kencang, menerjang rintang halang, semangat persneling 5 para BOD 5.0

Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) segera digelar di Juli 2017, dengan @TDABali siap menjadi tuan rumah yang ramah bagi segenap perwakilan BOD dan pengurus dari wilayah dan daerah TDA se nusantara. Hiruk pikuk koordinasi dan persiapannya, menjadi bumbu penuh citarasa jelang momen hari raya. 

Saya memang belum secara total mengunjungi semua daerah dimana TDA ada dan memberi makna. Secara umum, yang Saya tangkap, anggota membutuhkan pembinaan, sekaligus pada level tertentu membutuhkan permodalan. Selaras dengan vibrasi energi penting periode 5.0 ini, adalah energi #ScaleUpSpirit yang berorientasi pada bagaimana cara agar bisnis anggota TDA kian sukses dan melejit.

Dua pengungkit utama dibuat sebagai respon atas kebutuhan. Strategi dirancang dan siap dijalankan. Dengan dukungan dari semua pihak, TDA siap untuk menjadi wahana inkubasi dan edukasi bagi para pelaku usaha dalam memulai dan mempercepat bisnisnya. Tidak hanya berhenti pada tahap persiapan dan percepatan, TDA juga mempersiapkan leverage bagi para pelaku bisnis yang siap untuk berlipatganda dalam skala. Get Up, Speed Up, dan Scale Up, menjadi aksi tindakan konkretnya. 

Ganjalan dalam permodalan dalam bisnis, sedang dirancang solusinya, dan selama ini, nyatanya sudah dilakukan secara sporadis dan parsial oleh para founding father, penggerak, dan para 9 onta dalam skalanya masing-masing, dengan berbagai kekurangan yang mengiringinya. 

Kami di BOD 5.0 berpikir, bagaimana jika kekuatan besar ini dikelola, dilengkapi dengan mekanisme yang lebih baik, agar kemanfaatan ini semakin luas dirasakan dan berkelanjutan. 

“Khoirun nas, anfa uhum lin nas”

Sebaik-baik manusia, adalah manusia yang memberikan kemanfaatan. 

Semoga Allah meridhoi niatan upaya perluasan kemanfaatan yang digagas oleh para pelayan di BOD TDA Pusat, dengan keyakinan kuat akan diresonansi oleh TDA Wilayah dan TDA Daerah, untuk menyentuh dan menggerakkan ujung-ujung getar perekonomian dan peradaban di negeri ini. 

Selamat Pagi! 
Pagi! Pagi! Pagi! 

#ScaleUpSpirit 

#GetUpSpeedUpScaleUp 
Taqobbalallohu minna wa minkum 

Shiyamana wa shiyamakum
Minal aidin wal faizin 

Mohon maaf lahir dan batin 
A.Baidillah Thariq Barra 

Presiden TDA 5.0