In Tips Bisnis

Di Mana dan Bagaimana Mendapatkan Mentor Bisnis yang Tepat?

Belajar dari orang yang telah terbukti sukses adalah salah satu cara untuk mempercepat sebuah bisnis mencapai sukses. Dalam dunia bisnis orang yang telah sukses dan bersedia menularkan pengalaman serta membimbing pebisnis lain disebut dengan mentor.

Keberadaan seorang mentor bagi pelaku bisnis UKM sangat penting agar skala bisnisnya bisa naik kelas. Yang sering menjadi pertanyaan adalah, di mana kita bisa mendapatkan mentor? Dan yang lebih penting lagi adalah bagaimana kita mendapatkan seorang mentor yang bagus dan sesuai dengan bisnis yang sedang kita geluti?

Mulailah dengan melihat di sekeliling kita dengan cara menjalin silaturahmi dan networking dengan orang-orang yang memiliki visi entrepreneurship sesuai dengan yang kita harapkan. Selama kita menjalin networking tersebut pastinya kita akan banyak mendapatkan ilmu dan sharing pengalaman dari rekan-rekan kita. Bila menurut kita dengan berjejaring seperti itu bisa meningkatkan level bisnis kita, maka memiliki mentor adalah strategi yang positif. Kita harus mencari mentor yang memiliki keahlian dan pengalaman yang mampu membuat bisnis kita lebih cepat melesat.

Mentor Bisnis yang Tepat

Kenali diri sendiri

Seperti halnya dalam strategi bisnis, mencari mentor juga harus dimulai dengan mengenali kekuatan sendiri dan dalam hal apa kelemahan kita yang perlu diperbaiki. Untuk mengenali kekurangan kita bisa menggunakan analisa standar SWOT (Strength, Weakness, Opportunities, dan Threat) . Tujuannya adalah menyelaraskan kekuatan dengan peluang yang ada di pangsa pasar kita, dan meminimalkan kelemahan kita terhadap ancaman yang timbul dari pasar. Dengan cara ini akan membantu kita menentukan keahlian dan pengalaman mentor yang kita inginkan.

Selalu berada di dalam networking yang kuat

Bisa jadi kita menemukan mentor di tempat yang tidak kita duga, oleh karena itu sangat penting untuk selalu berada dan menjalin hubungan di dalam komunitas atau networking yang kuat. Jangan membatasi diri dalam berjejaring dengan tujuan dan harapan pribadi, selalu terbuka untuk mendapatkan masukan dari siapapun terutama yang mengerti visi bisnis dan memberikan pandangan yang bermanfaat bagi bisnis kita.

Mencari mentor tidak selalu dari orang yang menjalankan bisnis di bidang yang sama dengan bisnis kita. Yang penting adalah bahwa mentor kita tersebut memiliki prinsip bisnis dan corporate value yang sejalan dengan kita.

Sering kali, mentor secara alami tertarik pada kita dan mereka rela berbagi pengalaman serta saran tentang cara untuk menghindari kegagalan yang mereka mungkin telah alami saat mengembangkan perusahaannya. Membina hubungan dengan mentor secara organik seperti ini bisa terjadi dengan mengenal mereka dalam organisasi profesional, komunitas entrepreneur atau di sebuah acara industri.

Selalu berpikiran terbuka

Pemerintah melalui BUMN biasanya menerapkan sistem anak angkat pada usaha kecil dan mikro. Dalam hubungan ini biasanya perusahaan BUMN ini menyediakan mentor atau ahli yang akan membimbing pengusaha UKM untuk meningkatkan kapasitas bisnisnya. Sistem mentoring yang difasilitasi oleh BUMN biasanya dalam bentuk pelatihan, dan rencana bantuan teknis.

Umumnya dalam menjalani sebuah hubungan mesti diawali dengan kecocokan di antara kita dan mentor. Hubungan ini diawali dengan mengevaluasi prinsip-prinsip kunci dan nilai-nilai sambil menjaga pikiran tetap terbuka bahwa hubungan yang produktif dan berharga adalah satu, di mana kritik konstruktif memainkan peran utama.

Kesimpulan

Pada saat mencari mentor selalu pikir tiga hal ini:

  1. Ketahui bagian mana dari diri kita yang perlu diperbaiki sebagai pemimpin dan pemilik bisnis, jadi kita perlu merencanakannya dengan analisa SWOT.
  2. Selalu buka mata dan telinga pada setiap peluang untukk menjaga hubungan dengan orang lain, karena mentor yang baik bisa jadi kita temukan di tempat yang tidak kita pikirkan sebelumnya.
  3. Selalu terbuka terhadap evaluasi dan kritik tentang apa yang baik dalam bisnis kita demikian juga tentang tindakan yang harus kita lakukan untuk menghadapi tantangan bisnis.