In Kolom Opini

Kuliah WA TDA Bali : KolaborAksi Untuk Negeri

KolaborAksi Untuk Negeri

Materi KulWA TDA Bali
Oleh : Donny Kris Puriyono
Presiden TDA 6.0
Ditulis ulang oleh : Roskar

#KolaborAksiUntukNegeri

Adalah Tema TDA Periode 6.0
Kita ambil tema : KolaborAksi untuk memperbesar kapasitas kita, kita perlu kolaborasi dengan berbagai pihak untuk menjadi pemenang.

Berangkat dari pengalaman pribadi saya, saya membangun bisnis pertama saya di IT sejak tahun 2001 hingga sekarang

Saat bisnis IT sudah besar, di 2014 akhir saya mencoba masuk ke food startup bersama 2 orang kawan saya Deni dan Wisnu, kami membangun Malang Strudel.

MS dibangun dengan kolaborasi 3 person yang mempunyai experience skill masing2. Saya mempunyai skill di bidang manajemen dan digital marketing, Deni di bidang produksi cake dan Wisnu sebagai ambasador.

Jadilah MS perusahaan food startup yang dahsyat. Yang saya rasakan, growth MS selama 2 thn itu setara dengan bisnis IT yg telah saya bangun selama 12 tahun. Sehinga saya berpikir, andaikan saya berkolaborasi dalam bisnis sejak lama, mungkin kecepatan kesuksesannya akan lebih cepat lagi 😅

Konsep kolaboraksi inilah yang ingin saya gaungkan bersama teman2 semua di TDA 6.0, sehingga banyak sekali nantinya program2 TDA 6.0 yang bertema kolaboraksi ini.

TDA Passport, akan kita benahi…
Semua member register nantinya akan bisa melihat apa saja bisnis member2 lainnya, kita akan connectkan bisnis antar member se – Indonesia sehingga kita akan tahu bisnis masing2 member TDA.

Kita akan gaungkan lagi program #BeliTDA, dimana transaksi antar merchant member bisa diberikan discon khusus atau setidaknya poin belanja, ini tentunya akan meningkatkan transaksi antar member #BELITDA.

Dengan terbukanya database bisnis antar member, juga akan terbuka banyak peluang kerjasama. Ini Salah satu contohnya program internal.

Selain itu, kita di TDA 6.0 berharap bisa lebih terbuka lagi dengan pihak2 eksternal. Kerjasama2 dengan pihak eksternal terus dilakukan oleh tim BOD.

TDA akan lebih membuka diri terhadap pihak eksternal.

Dengan TDA membuka diri terhadap pihak luar, tentunya akan makin banyak yang akan mengenal dan bergabung dengan TDA, hal ini bisa memperkuat dan memperluas Networking antar member di TDA sendiri.

Sewaktu penyampaian program kerja Capres TDA, saya menyampaikan jika saya diberi amanah menjadi Presiden TDA 6.0 maka saya akan fokus pada misi ke -5 TDA, yaitu Menjadikan TDA sebagai pusat sumberdaya enterpreneurship berbasis teknologi.

Misi ke 1 – 4 TDA sepertinya sudah dijalankan oleh presiden2 sebelumnya. Dan ini sesuai dengan kemampuan saya di bidang IT Digital, maka saya memilih memperkuat tema ini.

Kita akan membuat banyak konten2 digital yang disiarkan melalui berbagai platform. Konten2 tentang enterpreneurship yang tidak hanya dari narsum internal, tapi juga eksternal.

Konten Video akan ditayangkan di Youtube dan akan segera dibuat channel tersendiri dengan nama TDA TV. Semoga saja dari channel youtube ini, kedepan TDA bisa punya TV TDA beneran. Aamin 😊

Konten video pendek akan ditayangkan di IG TDA, lalu ada podcast audio, yang akan dimasukkan sebagai salah satu fitur TDA Passport.
Konten berupa text juga akan kita bangun, kita minta semua member aktif ikut menulis, baik di socmed masing2 atau di akun2 TDA terutama di web tangandiatas.com .

Intinya kita goalkan bersama bahwa TDA bisa menjadi pusat literasi lengkap enterpreneurship di Indonesia, karena kalau kita lihat sejarah TDA, TDA besar karena punya konten yg kuat di milis sejak tahun 2006. Baru setelah adanya era socmed, konten2 TDA itu terbagi dlm beberapa platform, kita akan satukan kembali, Insya Allah.

Beberapa pihak sudah menyatakan mau membantu TDA utk membuat konten2 berkelas. Mas yuswohadi pakar marketing, Pak Subiakto, Pak Silih pakar branding dsb… tokoh2 keren yang kita bisa download ilmunya langsung.

Tema #KolaboraAksiUntukNegeri berarti juga di TDA 6.0 ini kita tidak terlalu banyak bicara tentang internal TDA, tapi kita fokuskan pada manfaat yang bisa TDA berikan untuk Bangsa kita.

Konten2 digital yang kita buat, kita sebar ke seluruh pelosok negeri supaya lebih banyak enterpreneur2 muda belajar disana, tidak hanya eksklusif untuk member TDA.

Konten2 yang kita buat akan dipublish untuk umum, sambil kita mengenalkan TDA kepada umum.

Program2 yang kita buatpun, juga lebih terbuka untuk umum. Kita perbesar manfaat untuk masyarakat luas.

#KolaboraAksiUntukNegeri.
—> kita tidak lagi menggaungkan member TDA sekarang berjumlah puluhan ribu, berada di 92 kota dan 5 negara….bukan ini lagi.

Tapi lebih fokus pada manfaat yang bisa TDA berikan untuk bangsa ini.

Demikian kira2 gambaran narasi singkat

#KolaboraAksiUntukNegeri #TanganDiAtas
#CatatanPresidenTDA