In Kolom Opini

Catatan Presiden TDA 6.0 : Klub FGD TDA

Bergairahnya Klub-klub FGD TDA

Saya amati dalam sebulan terakhir ini, beberapa grup FGD (Focus Group Discussion) TDA makin aktif. Baik aktif diskusi sesama member, maupun aktif mendatangkan expert-expert di bidangnya untuk kultele, sebutan sharing online via grup telegram.

Dua grup paling aktif saat ini yg saya amati adalah Klub Fashion TDA dan Klub Kuliner TDA. Member grupnya sudah diatas 2000, dan terus bertambah tiap hari.

Dalam semangat TDA KOLABORAKSI, grup telegram Klub FGD TDA kini terbuka untuk umum. Untuk siapa saja para praktisi ataupun yg ingin belajar tentang industri sesuai klub2 yg dibuat.

Tak harus menjadi member TDA terlebih dahulu untuk bisa join dg klub-klub FGD TDA ini. Ya, TDA kini memang akan menjadi komunitas yang inklusif. Yang tak lagi tertutup hanya untuk membernya. Semua orang bisa mendapat sebanyak mungkin manfaat dari TDA.

Minggu kemarin saya amati diskusi menarik di Club TDA Kuliner tentang Ghost Kitchen yg disampaikan Bu Yuyun Anwar, praktisi dan konsultan kuliner yg banyak membantu UMKM. Materinya ringan namun sarat makna. Strategi bisnis dengan modal minim namun memungkinkan untuk mendapat revenue yg sangat besar.

Ghost Kitchen akan merevolusi industry kuliner. Siap-siap saja yg bisnisnya di kuliner, kalau tidak sering2 mendapat info yg seperti ini bisa saja terdisrupt dengan pemain2 kuliner baru. Jangan sampai hanya membanggakan kejayaan masa lampau, hanya gara2 tidak pernah update info2 seperti ini.

Di Klub Fashion, minggu lalu saya kebetulan menyimak sharing dari mas Dimas Mairiyanto yang sukses menjual jutaan pcs fashion hanya dari akun instagramnya.

Beliau sharing buka-bukaan bagaimana tanpa buka toko offline yang berbudget besar, namun omsetnya bisa mengalahkan toko-toko besar lainnya. Bahkan stoknya sering habis karena customer yg berebut mendapatkan barangnya.

Saya yakin, klub2 telegram TDA dalam waktu dekat akan semakin ramai. Karena setiap minggu ada narasumber2 baru, para praktisi dan expert di bidangnya yg buka-bukaan sharing seperti mas Dimas dan Bu Yuyun diatas. Semoga saja kuota batasan grup telegram bisa semakin besar ya.

Selain klub-klub serius seperti TDA Fashion dan TDA Kuliner, ada juga TDA Property yg membernya juga sering diskusi seputar bisnis property
.
Klub-klub yang FUN pun juga sudah mulai dibuat. Mulai dari TDA Roadtrip yg sering mengadakan touring mobil bareng-bareng, TDA Trareveller yang jalan-jalan backpacker hingga lywr negeri sambil mempelajari perdangangan disana, TDA Bikers, TDA Runner dsb
.
Berikut ini daftar lengkap klub-klub TDA yang sudah ada. Silahkan join bagi yang berminat, terbuka untuk umum. Namun saran saya, jangan join semuanya ya, hanya yang anda minati saja. Karena masing-masing grup sering mengadakan diskusi yang serius. Kalau kebanyakan grup klub-klub FDG, takutnya malah lupa action
.
TDA Kuliner :
https://t.me/joinchat/EDcMZVk-jDDR5tAquooXgQ
.
TDA Fashion :
https://t.me/joinchat/BqoH_j1Ir5U8LWhlcEgtNw

Salam Kolaboraksi!