In Kolom Opini,Uncategorized

Catatan Presiden TDA 6.0 : Mukernas TDA 2019

Catatan Presiden TDA 6.0 : Mukernas TDA 2019

Alhamdulilah, dg mengucap syukur kepada Allah SWT, gelaran akbar Mukernas TDA 2019 telah selesai dilaksanakan pada 28-30 Agustus 2019 lalu di Mataram, Lombok.

Acara yg dibuka langsung oleh Gubernur Lombok Bp Zulkifliemansyah ini sekaligus menjelaskan bahwa TDA kini makin terbuka dengan berbagai pihak, terutama dengan pemerintah untuk berkolaborasi menumbuhkan UMKM di Indonesia.

Dalam Mukernas selama 3 hari tsb, juga dilakukan penandatanganan MOU dengan berbagai pihak yg siap berkolaborasi dengan TDA. Diantaranya adalah BTPN, Rumah Zakat, Oke Oce dan partner Permadani.

Selain membahas program kerja selama 2 tahun kedepan, seperti tradisi mukernas2 sebelumnya, ada sharing bisnis dari para pengusaha2 senior.

Diantaranya adalah sharing dari bang Sandiaga Uno, mas Witjaksono, Pak Mustofa Romdloni dan juga pak Gunawan TDA Batam yg baru saja mendapat investasi lebih dari 16 Trilyun.

Saya menyampaikan dalam Mukernas 2019, bahwasannya program2 TDA yg sebelumnya telah ada, akan tetap dijalankan di kepengurusan sekarang. Sedangkan program prioritas kita di TDA 6.0 ini adalah TDA TV dan TDA Passport.

TDA TV akan berisi ribuan konten bertema enterpreneurship yg bisa diakses tidak hanya oleh anggota TDA namun juga masyarakat secara luas yg ingin belajar bisnis.

Kita berharap dg adanya konten edukasi bisnis di TDA bisa ikut berkontribusi positif demi terciptanya pebisnis2 handal di Indonesia yg kelak dapat meningkatkan kesejahteraan ekonomi bangsa.

Untuk launching TDA TV ini, Direktorat Markom membagikan 100 tongsis kepada peserta mukernas yg mensimbolkan bahwasannya everyone is content creator. Mari berlomba-lomba membuat konten bisnis yg berkualitas yg bisa dinikmati oleh semua lapisan masyarakat yg ingin belajar bisnis dg mudah.

TDA Passport versi baru akan memiliki 3 fitur utama. Pertama, bisa berfungsi sebagai payment gateway dimana kita bisa bertransaksi di dalam TDA Passport kita. Kedua, adanya direktori bisnis semua member TDA yg memudahkan member untuk saling berkolaborasi dan juga meningkatkan program #BeliTDA. Ketiga, adanya konten2 materi bisnis premium sesuai kurikulum TDA yg hanya bisa diakses oleh member berbayar saja.

BOD memutuskan Mukernas 2019 di Lombok selain untuk membahas program kerja, juga untuk membuat sebuah campaign #LombokBangkit. Dimana para peserta Mukernas Lombok, akan memposting di linimasa masing2 bahwasannya Lombok sudah bangkit pasca gempa tahun lalu. Berkurangnya jumlah wisatawan yg datang ke Lombok secara drastis, mengakibatkan ekonomi di Lombok sedikit lumpuh.

Terimakasih kawan2 yg sudah hadir di Mukernas TDA 2019 di Lombok. Mari bersama bekerja keras dg tetap fun, sukseskan program kerja TDA 6.0.

Salam Kolaboraksi Untuk Negeri !