In Kolom Opini,Tips Bisnis

Pentingnya Memahami Nilai Budaya Organisasi

Pentingnya Memahami Nilai Budaya Organisasi
– Lutfiel Hakim (Direktur Pengawasan dan Kepatuhan TDA 6.0)

Setiap perkumpulan, memiliki nilai budaya. Budaya ini yang kita kenal dengan budaya organisasi. Budaya organisasi adalah bentukan alami, hasil dari interaksi orang – orang di dalam organisasi. Atau bisa saja, konsensus antar penghuni organisasi, yang diselaraskan dengan visi bersama. Konsensus ini, berarti tidak alamiah, tapi tercipta secara sadar dan disengaja.

Menurut Edgar H.Schein (1992), budaya organisasi adalah sistem makna bersama yang dianut oleh anggota-anggotanya untuk membedakan organisasi itu dengan organisasi lainnya. Schein menjelaskan unsur-unsur budaya organisasi, terkait dengan ilmu pengetahuan, kepercayaan, seni, moral, hukum, adat istiadat, perilaku/kebiasaan (norma) masyarakat, asumsi dasar, sistem nilai, pembelajaran/pewarisan dan masalah adaptasi eksternal dan integrasi internal
.
Prita Kemal Gani dari London School of Public Relation (2017) mengatakan, Pembentukan budaya organisasi pada setiap organisasi atau perusahaan melewati proses yang berbeda-beda. Ada perusahaan yang merancang nilai-nilai budaya didasarkan pada sejarah hidupnya suatu organisasi. Misalkan, bagaimana organisasi itu jatuh bangun menghadapi berbagai krisis, kesuksesan dan sebagainya.
.
Pengalaman-pengalaman itu pada akhirnya bisa menjadi pelajaran penting untuk kemudian diformulasikan dalam bentuk nilai-nilai atauran yang menjadi semangat bersama. Ada pula budaya organisasi yang secara sengaja dirancang berdasarkan kesepakatan para anggota manajemen puncak organisasi tersebut.
.
Nilai-nilai Organisasi adalah Pembeda
Prita Kemal Gani melanjutkan, mengutip Stephen Robbins (2006). Robinson mengajukan beberapa hal yang menjadi karakteristik budaya organisasi. .
.
Semakin seru nih, lanjut di komentar ya…..
.
#KolaborAksiUntukNegeri #KomunitasTanganDiatas