In ARTIKEL,Tips Bisnis

5 TIPS SUKSES BISNIS KULINER

salah satu bisnis yang banyak di minati saat ini adalah bisnis kuliner, setiap hari selalu ada yang membuka usaha kuliner baru, dari mulai gerobak hingga restaurant, dengan semakin banyak yang membuka usaha kuliner baru, maka persaingan diantara sesama pengusaha kuliner pun menjadi ketat, agar anda bisa memenangkan persaingan dengan competitor anda berikut 5 tips sukses bisnis kuliner yang bisa anda coba

1. USAHAKAN RASA MASAKAN SAMA

ketika anda membuat sebuah masakan untuk pelanggan, salah satu yang terpenting adalah rasa yang sama baik ketika dimasak karyawan yang satu maupun karyawan lainnya, agar rasa yang anda masak tetap sama, maka anda harus mengunci resep anda dengan melakukan standarisasi proses masakan dari mulai bahan baku, bumbu, cara memasak sampai dengan di hidangkan kepada pelanggan anda.

2. LAYANI PELANGGAN ANDA DENGAN BAIK

Ketika pelanggan anda datang ke tempat anda, biasanya mereka dalam keadaan lapar dan cenderung tempramen, maka dari itu usahakan pelayanan yang anda berikan kepada mereka cepat, ramah dan tepat sehingga pelanggan anda merasa nyaman dan mau kembali lagi ke tempat anda.

3. SELALU JAGA KEBERSIHAN TEMPAT USAHA ANDA

Kebersihan menjadi element mutlak dalam bisnis kuliner, kebersihan harus tetap terjaga dari mulai penanganan bahan baku proses memasak hingga di hidangkan ke meja pelanggan. Pastikan ruangan dan meja makan tetap dalam keadaan bersih dan rapi.

4. MILIKI VALUE YANG LEBIH

Ditengah banyaknya usaha kuliner dengan bahan baku dan nama menu yang sama, untuk memenangkan persaingan tentu anda harus memiliki ciri khas atau nilai lebih di bandingkan dengan competitor anda, sehingga  ada alasan bagi pelanggan anda mau kembali lagi datang dan makan di tempat anda.

5. KEMBANGKAN KARYAWAN ANDA

Keempat poin di atas tidak akan berjalan tanpa orang-orang yang tepat dalam mengerjakan setiap aktifitas bisnis anda, pastikan anda melakukan proses seleksi yang tepat terhadap karyawan anda, kemudian  kembangkan selalu kompetensi karyawan anda serta  terapkan reward punishment untuk mereka.

Selengkapya mengenai 5 tips sukses bisnis kuliner bisa anda simak di video ini