In Kolom Opini

8 Elemen

new_business_elementsSebelumnya saya ucapkan Selamat Menunaikan Ibadah Ramadhan 1436H, semoga amal ibadah kita diterima olehNya dan kita menjadi makhluk yang semakin mulia.

Kita tentu sering mendengar cukup banyak bisnis yang terlihat sukses di masa lalu, menjadi idola dan sering mendapat publikasi media, sang pemilik menjadi nara sumber di beragam acara bahkan menjadi selebritis, akhirnya satu persatu tumbang.

Entah karena masalah legal seperti perpajakan, keuangan, produk, tim yang morat-marit dan beragam masalah lain yang muncul. Anda yang sudah cukup lama berkecimpung di dunia wirausaha di Indonesia tentu tahu dan ingat dengan nama-nama usaha dan pemiliknya yang saya maksud di atas.

Banyak hal yang berpengaruh terhadap maju mundurnya bisnis. Akan tetapi, jika disarikan secara terstruktur, maka ternyata ada 8 elemen yang bisa menjadi check list, untuk mengetahui apakah sebuah bisnis sudah sehat dan kuat, atau memiliki kelemahan yang jika dibiarkan akan membahayakan.

Elemen-elemen terpenting yang bisa menjadi cara membuat bisnis bisa bertumbuh besar dan bertahan dalam jangka panjang antara lain:
–    Leadership atau Kepemimpinan
–    Visi
–    Tim
–    Produk
–    Legal atau Hukum
–    Sistem
–    Komunikasi / Pemasaran
–    Arus Kas

Sayangnya, tidak semua dari kita cukup kuat memahami dan mengimplementasikan dengan kuat dari kedelapan elemen di atas. Memang kemungkinan kita sang pemilik bisnis hanya kuat menguasai di beberapa elemen, tetapi kita harus sudah punya strategi untuk membuat ke delapan elemen tersebut cukup kuat di bisnis kita.

Untuk itu di Komunitas Tangan Di Atas kepengurusan 4.0 akan berupaya menyampaikan materi-materi penting di atas ke para member secara terstruktur, sehingga pemahaman akan ke delapan elemen tersebut secara merata bisa di mengerti dan di terapkan ke semua member TDA.

8 Elemen diatas akan menjadi titik berat dari LESSON activity, 8 Workshop Series istilah yang pas sebagai sarana penyampaian materi-materi ini dan menjadi bagian dari keberhasilan wilayah-wilayah TDA. Boleh di bilang ini menjadi Wildly Important Goal ( WIG ).

Dalam dunia strategi eksekusi setelah ditetapkanya WIG, seringkali ada whirlwind alias pekerjaan di depan mata yang terlihat mendesak. Bahkan serunya di TDA whirlwind yang sering muncul adalah materi-materi seminar atau workshop sporadis, yang terlihat lagi ngetrend dan bisa mengaburkan perlunya penyampaian materi basic dari kedelapan elemen diatas.

Semuanya baik-baik saja, tapi yang terpenting untuk selalu kita ingat, dari beragam aktivitas yang kita lakukan, apakah untuk terus memperkuat ke delapan elemen di atas dalam bisnis kita secara lebih seimbang ?

Salam bertumbuh

Mustofa Romdloni
Presiden TDA 4.0
mrcorp.co.id

kolom/presiden/juni2015