In ARTIKEL,Tips Bisnis

BAGAIMANA MENENTUKAN BADAN USAHA YANG TEPAT

Dalam bisnis legalitas perusahaan menjadi sesuatu yang wajib di miliki, karena dengan memiliki legalitas usaha menjadi sah di mata hukum dan diberikan kewenangan penuh oleh pemerintah untuk melakukan kegiatan usaha sesuai dengan bidang bisnis yang anda jalani.

jika sekarang anda belum memiliki badan hukum maka sebaiknya anda segera merencanakan untuk mendirikan badan hukum, sebelum anda membuat sebuah badan hukum  sebaiknya anda cek terlebih apakah bisnis anda diatur tidak dalam peraturan perundang-undangan yang mensyaratkan harus berbadan hukum tertentu, setelah itu baru tentukan mau badan hukum seperti apa yang akan anda bentuk, apakah berbentuk PT, CV, atau badan hukum yang lainnya. Sebelum anda menentukan pilihan badan hukum mana yang akan anda pilih, anda harus mengetahui kelebihan maupun kekurangan dari PT dan CV.

PT (perseroan terbatas) memiliki ciri yaitu adanya pemisahan antara kekayaan pribadi dan perusahaan,  PT lebih di pandang bonafid dibandingkan CV,  apabila terjadi kerugian pada perusahaan maka perusahaan yang akan menanggung kerugian tersebut tanpa menggangu harta pribadi. kekurangan PT adalah modal yang harus di setorkan di awal cukup besar yaitu minimal 50 juta rupiah, uang tersebut nantinya akan menjadi modal perusahaan secara mandiri dan kepemilikannya berupa saham, terus apabila anda ingin mengambil keuntungan deviden maka anda di kenakan pajak sebesar 10 %.

Sedangkan CV atau persekutuan komanditer memiliki kelebihan mudah untuk dibentuk dengan modal yang di setorkan tidak ditentukan jumlahnya, apabila anda ingin mengambil prive anda tidak akan di kenakan pajak, kelemahan CV apabila terjadi kerugian maka kerugian tersebut di tanggung oleh sekutu aktiv dan harta pribadi bisa termasuk kedalam harta perusahaan.

Hal lain yang mesti anda pertimbangkan sebelum memutuskan untuk membentuk badan hukum adalah apakah perusahaan yang akan anda bentuk itu untuk keperluan jangka panjang atau tidak, apabila di bentuk untuk jangka panjang  PT bisa menjadi pilihan utama anda sebab PT di anggap lebih bonafid dan professional ketimbang CV.

Selengkapnya mengenai bagaimana menentukan badan hokum yang tepat bisa anda simak melalui video ini