In ARTIKEL,Tips Bisnis

BISNIS OFFLINE LEBIH MAHAL, BENARKAH?

Di era digital saat ini membuka bisnis tidak seperti dulu yang memerlukan biaya besar, dengan adanya internet biaya membuka bisnis bisa lebih terjangkau di bandingkan dengan bisnis konvensional pada umumnya yang dianggap lebih mahal dari segi biaya.

Meskipun begitu ternyata masih ada sebagian orang yang mempunyai keinginan untuk membuka bisnis offline, jika anda pada saat ini berniat untuk membuka bisnis offline 4 hal berikut ini yang harus anda  validasi terlebih dahulu

1. Initial cost

Pada saat membuka bisnis tentu memerlukan biaya-biaya sebelum usaha anda benar-benar berjalan, pastikan terlebih dahulu di awal anda sudah mereduksi biaya-biaya untuk setup bisnis anda seperti furniture, harga sewa toko dan lain sebagainya.

2. Inventory cost

Agar harga jual produk bisa maksimal pastikan produk yang di jual memiliki umur yang singkat serta mudah untuk di jual kepada konsumen, dengan begitu anda bisa meminimalisir biaya yang timbul akibat mengendapnya persediaan di gudang anda.

3. Operational cost

Biaya operasional seperti gaji karyawan, biaya listrik, internet termasuk biaya yang menelan sebagian dari keuntungan perusahaan, untuk itu pastikan anda telah menghitung dengan cermat  biaya-biaya yang di keluarkan agar bisa memaksimalkan keuntungan perusahaan anda.

4. Performance sales

Jika di tiga hal sebelumnya berbicara tentang reduksi biaya-biaya, maka terakhir berbicara tentang bagaimana cara meningkatkan performance sales indicator yang jauh lebih baik di banding sebelumnya dengan mengoptimalkan SDM yang kita miliki, misalnya karyawan yang mampu menghasilkan omset 25 juta tentu akan lebih baik daripada yang menghasilkan 10 juta dari segi biaya yang anda keluarkan.

Jika anda mampu mempelajari dan memastikan keempat hal diatas tentu anggapan biaya offline lebih mahal di banding biaya online tidak seperti yang anda bayangkan, apakah anda tertarik untuk membuka bisnis offline?

Selengkapnya mengenai Bisnis offline lebih mahal, benarkah? Bisa anda simak melalui video berikut ini