In ARTIKEL,Tips Bisnis

CARA MENENTUKAN HARGA JUAL

Pernah mengalami kejadian sepertinya untung tapi pada kenyataannya malah rugi??, jika pernah mengalami hal tersebut sebaiknya coba hitung kembali struktur harga jual produk ke konsumen, bisa jadi struktur harga yang telah anda tentukan selama ini kurang tepat.

untuk menentukan berapa harga jual produk setidaknya ada 4 komponen dalam harga jual yaitu

1. Komponen Harga pokok produksi

Komponen ini merupakan komponen biaya yang  dikenakan untuk menghasilkan satu produk, biaya tersebut antara lain biaya bahan baku, ongkos produksi dan biaya asesoris.

2. Komponen Biaya-biaya tetap

Biaya  tetap yaitu biaya yang dikeluarkan secara rutin setiap bulan, seperti gaji pegawai, listrik, internet dan lain-lain.

3. Komponen Biaya-biaya variable

Biaya variable merupakan biaya yang di keluarkan namun sifatnya tidak tetap contohnya Biaya marketing untuk iklan di social media dan fee keagenan jika anda yang menggunakan sistem distribusi ke agenan.

4. Komponen Margin/keuntungan

Setelah biaya-biaya di atas anda hitung maka komponen terakhir adalah komponen margin, berapa besaran margin yang anda inginkan dari setiap produk yang di jualKeuntungan yang ingin diambil pper produk

Komponen-komponen diatas merupakan komponen harga yang harus di masukan  dalam harga jual produk agar usaha anda tidak merugi.

Selengkapnya mengenai cara menentukan harga jual bisa anda simak melalui video berikut ini