In Uncategorized

Closing dan Closing Lagi Dari Sosmed

Dalam webinar kali ini, TDA menghadirkan sosok Fikri fatulah yang merupakan CEO kirim.email dan belanja beo. Di awal materi, beliau telah menekankan bahwa jangan bangun bisnis di atas Instagram karena Instagram punya agenda sendiri, jadi kita harus punya platform yang mandiri jadi bisnis kita bisa berkembang dengan sendiri. Ada beberapa kekurangan yang di timbulkan dari Instagram, seperti pembelian dari Instagram yang minim repeat order, algoritma Instagram selalu berubah-rubah, peratuan dari Instagram berubah  iklan yang berubah rubah. Membangun bisnis melewati Instagram sangat riskan karena kita tidak membangun dari tempat kita sendiri oleh karena kita tidak bisa pasrah dengan hal tersebut, jangan gunakan Instagram sebagai sarana bisnis utama gunakan Instagram sebagai pengarah untuk menuju bisnis kalian. Instagram bukan di desain untuk penjualan. Instagram di gunakan untuk membuat orang-orang bisa stuck kepada sosial media. Instagram di desain dalam hal artistik bukan dalam penjualan. Jadi sampai ke depan Instagram akan menekankan pada konsep artistik.

Karena Instagram bukan di desain untuk tempat jual beli, maka ada procedure yang harus di ikuti agar bisa merubah followers menjadi costumer. Dalam pengembangan bisnis hal yang perlu di perhatikan adalah di bagian sales karena sales merupakan bagian dari perusahaan yang dapat menambah revenue perusahaan. Jika tidak mencapai target pendapatan kita harus meriview kembali bagaimana procedure yang kita gunakan untuk sales hal ini di sebut sales funnel. Funnel adalah suatu proses yang di lakukan pembeli untuk membeli produk kita dan perjalan itu tidak selalu linear. Calon costumer akan melakukan berbagai hal untuk mencari informasi atau mencari referensi mengenai produk tersebut. Dengan mengoptimalkan funnel atau proses orang mencari informasi tersebut, calon costumer akan lebih cepat untuk mencapai tujuan bisnis kita. Kunci keberhasilan funnel adalah dengan cara secepat mungkin mendapatkan data pembeli. Contoh, kita bisa share informasi yang menarik mengenai bisnis kita dan mencantumkan kolom untuk mengisi data dari orang yang membaca. Jika kalian mengendalikan data pelanggan kalian akan mengendalikan sale.

Pada dasarnya profil Instagram adalah sebuah landing page. Dengan menggunakan link di belanja.bio di profil Instagram akan segera di arahkan kepada produk yang di inginkan yang tersedia. Jadi tidak perlu susah lagi untuk masuk ke e-commerce. Dengan melakukan pembelian melalui belanja.bio data dari pelanggan akan secara langsung terekam di data base belanja.bio. Dengan mempunyai database pelanggan, kita dapat memprospek pelanggan mengenai produk terbaru kalian dan menjalankan relasi yang baik dengan pelanggan, dengan begitu potensi repeat sales akan terjadi.

Namun, kenapa repeat order tidak terjadi namun sudah melakukan relasi yang baik dengan costumer? Kita harus melihat dari produk yang pernah di jual produk mana yang paling laku dan mana yang tidak laku. Dari sana dapat dirubah mengenai produk yang di jual di sesuaikan dengan kemauan pelanggan. Hal yang lain dapat menggunakan share produk dengan pelanggan yang menarik dapat melalui email atau platform yang lain. Dengan menggunakan belanja.bio akun Instagram kita akan mengupgrade pengalaman akun belanja Instagram, support dengan Instagram shopping, bisa dapat menerima pembelian dari berbagai pihak bank atau ovo dan gopay, dan yang terkahir dapat di gunakan melalui mobile sangat mobile friendly, bisa menghitung ongkir secara otomatis, mempunyai tim sales yang sangat flexible dan support dengan berbagai platform Google analytic, FACEBOOK product ads dll.