In Kolom Opini

Di Mana Duit Mengalir di Situlah Kita (Harus) Ada

uangSekarang bisa kita lihat, banyak banget marketplace beterbaran di sekitar kita. Sebut saja yang sudah kita kenal, ada Tokopedia, Bukalapak, OLX, Blibli, Traveloka, Tiket.com, Bhinneka, Indonetwork. Pada waktu datang ke pameran yang berhubungan dengan internet, kita lihat akan ada banyak marketplace tematik seperti marketplace yang khusus jual barang bekas, khusus fashion dll.

Sewaktu bertemu dengan orang internal Tokopedia, saya tanya ke mereka :
1. Siapakah pembeli terbanyak?
2. Produk apa yang laris di pasaran?
3. Daerah mana saja yang penjualannya paling besar?

Mereka Tokopedia membuka data mereka dan inilah hasilnya:

Pembeli terbanyak adalah kaum wanita di kategori kecantikan dan kesehatan. Produk yang terlaris adalah kecantikan, kesehatan dan khusus untuk pria adalah produk fashion. Daerah yang penjualannya besar adalah di pulau Jawa, tetapi pembelian dalam jumlah besar dikuasai oleh kawasan Indonesia Timur.

Mereka (konsumen di Indonesia Timur) sekali melakukan pembelian bisa langsung banyak dengan ongkos kirim bisa jutaan rupiah. Melihat data di atas lalu apa yang harus dilakukan?

Apakah kita harus bikin website lalu menaikkan rankingnya dengan SEO atau Adwords. Apakah kita harus berjualan menggunakan facebook, instagram, twitter atau socmed yang lain. Kalau saya mau jualan cukup sederhana, saya akan lakukan beberapa langkah berikut :
1. Saya akan buka toko tematik di Tokopedia dan Bukalapak karena saya tahu sistemnya yang cukup sederhana. Tematik itu misalnya toko khusus jual obat kanker, toko khusus jual produk pelangsing dll.
2. Saya pasang 20 produk beraneka macam merk yang sejenis dengan 10 produk yang terlaris dari beberapa merk tersebut.
3. Toko saya optimasi menggunakan kata kunci berdasarkan pencarian di Google suggestion dan keyword planner.
4. Saya akan buka toko tematik lainnya minimal sebanyak 10 toko.
5. Masing-masing produk di toko akan saya promosikan setiap hari supaya selalu ada di bagian atas

Sdah cukup begitu saja caranya. Cara di atas sudah dibuktikan oleh teman saya dan dia bisa berhasil dengan hasil yang luar biasa. Dia (teman saya) jualannya banyak mengandalkan marketplace dan dalam waktu 3 bulan dia bisa menghasilkan di atas 50juta dengan produk yang barang modalnya bisa dibeli di Indomaret, diolah sedikit lalu dijual lagi dan marginnya bisa 40% dan dia melakukannya hanya berdua, dia dan istrinya.

Jualan itu mudah, sekarang tidak perlu toko fisik, staf finance, staf delivery, staf sdm karena sebagian besar sudah dikerjakan oleh pihak marketplace. Tapi masih perlu juga sih kalau pingin lebih gede karena kerja sendiri itu capek hehehe.

Monggo dipilih caranya yang cocok bagi kita dan yang penting adalah di mana duit mengalir disitulah kita ada.

Jooosss

Salam sukses dunia akhirat.

Rawi Wahyudiono
Direktur Pesta Wirausaha TDA
http://pendekardigital.com

 

kolommember/juni2015